Ditemukan, Malware Buatan Indonesia yang Mendunia


VIVA.co.id – Dari puluhan program perangkat lunak jahat (malware) yang beredar menyerang komputer, terselip malware hasil buatan Indonesia yang cukup agresif menyerang. Malware yang saat ini sudah dikategorikan di jajaran teratas di dunia itu bernama Kido.

Hal itu diungkap oleh perusaha penyedia solusi keamanan internet asal Rusia, Kaspersky.

Malware Kido itu buatan lokal. Dibuat di Indonesia. Mereka jadi salah satu malware top di dunia,” ujar Territory Channel Manager Kaspersky SEA Indonesia, Dony Koesmandarin di Jakarta, Selasa, 11 Agustus 2015.

Kaspersky mendeteksi malware Kido ini menyerang banyak perangkat komputer dan cukup meresahkan, sehingga berada di jajaran atas malware dunia.

Kaspersky memaparkan dari total serangan malware selama kurun waktu semester kedua 2015 yang berjumlah 26.177 serangan, Kido menempatkan diri pada posisi sepuluh teratas malware teraktif.

Dony menyebutkan ada beberapa versi dari Kido tersebut, ada Net-Worm.Win32.Kido.ih dengan jumlah serangan 2.836 perangkat komputer dan Net-Worm.Win32.Kido.ir yang berhasil menginfeksi 1.791 komputer.

“Ini alphabet di belakangnya masih dua. Diduga mereka akan terus berkembang dan terus menyerang,” kata dia.

Saat ini, Kido yang berperan sebagai malware bersaing ketat dengan Agent, Debris, Nimnul, Dinihou, Slugin, hingga Starter.

Mengenai di mana dan siapa yang membuat malware tersebut, Kaspersky mengaku tak tahu-menahu, sampai malware itu dapat menyerang perangkat komputer di penjuru dunia.

“Sampai saat ini saya tidak tahu siapa yang buat malware Kido itu,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kaspersky melaporkan pada semester kedua 2015 kemarin, ada 379 juta malware yang menyerang melalui online ke seluruh perangkat di dunia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: