Pengertian Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang


Istilah portofolio sering kali kita dengar dalam berbagai macam perbincangan ataupun berita di berbagai macam media informasi. Di bidang acara televisi yang membahas dunia bisnis misalnya, istilah portofolio sering kali digunakan untuk menggambarkan kondisi perusahaan. Atau di bidang akademis misalnya, istilah portofolio sering digunakan untuk menggambarkan kondisi ataupun keterangan prestasi akademik seseorang.

Lantas, apa sih sebenarnya portofolio itu? Portofolio merupakan sebuah istilah yang memiliki banyak arti yang sangat bergantung kepada tempat/bidang penggunaannya. Pengertian portofolio di satu bidang akan berbeda dengan pengertian istilah portofolio di bidang lainnya. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui arti dari kata portofolio, maka Anda harus mencarinya berdasarkan dengan bidang yang sedang dibicarakan.

Pengertian Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang
Portofolio dalam Bidang Keuangan
Pengertian portofolio di bidang keuangan adalah sekumpulan investasi yang dipunyai oleh perusahaan ataupun korporasi tertentu. Portofolio biasanya menggambarkan bahwa sebuah perusahaan merupakan salah satu atau bagian dari sebuah investasi tertentu. Portofolio sendiri biasanya dibuat untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi dalam sebuah investasi.

Portofolio dalam Bidang Manajemen dan Pemasaran
Dalam dunia pemasaran, istilah portofolio dipakai untuk menggambarkan sekelompok produk, jasa, ataupun merk yang akan ditawarkan kepada konsumen (biasanya perusahaan – perusahaan besar). Orang-orang yang bekerja di bidang manajemen dan pemasaran biasanya menunjukkan portofolio saat ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Dengan menggunakan berbagai macam portofolio yang mereka miliki, diharapkan jalinan kerja sama dapat lebih mudah dibentuk.

Portofolio dalam Bidang Politik dan Pemerintahan

Pengertian portofolio di bidang politik dan pemerintahan adalah sebagai pilar pemerintahan dan juga kewajiban menteri-menteri yang ada dalam kabinet, serta seluruh pejabat yang memegang kendali departemen yang ada di pemerintahan.

Portofolio dalam Bidang Pendidikan
Arti portofolio di bidang pendidikan adalah sebagai catatan ataupun berkas yang digunakan untuk menunjukkan pencapaian ataupun prestasi seseorang. Portofolio di bidang pendidikan biasanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menilai kemampuan seseorang secara akademik. Beberapa berkas portofolio di dunia pendidikan yaitu Ijazah, Rapor, Sertifikat penghargaan akademik, Piagam penghargaan, Sertifikat Pelatihan, Sertifikat kursus, dan berbagai macam berkas lainnya.

Portofolio dalam Bidang Seni
Di bidang seni, istilah portofolio memiliki arti sekumpulan bukti – bukti hasil kerja ataupun karya yang pernah dibuat oleh seorang seniman. Portofolio dalam dunia seni biasanya ditunjukkan ketika seorang seniman, artis, ataupun arsitek sedang mencari pekerjaan ataupun ikut dalam tender tertentu. Beberapa contoh berkas portofolio di bidang seni yaitu foto, cetak biru rancang bangun, kliping, lukisan, dll.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian portofolio dilihat dari beberapa bidang yang menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: