Inilah Penjelasan Kenapa Men Charge HP Semalaman Berbahaya


Apakah anda terbiasa men-charge atau mengisi daya baterai handphone anda di malam hari, kemudian membiarkannya semalaman selama anda tertidur ?

Jika ya, taukah anda jika apa yang anda lakukan tersebut ber-resiko merusak baterai perangkat ponsel anda ?

Apalagi jika handphone yang anda gunakan menggunakan baterai non-removable atau tidak bisa dilepas, tentu akan menjadi masalah yang besar saat baterai di handphone tersebut rusak.

Bahaya Ngecas HP Semalaman

Pernah mendengar tekhnologi IC pemutus arus ?

Ya, banyak orang tidak peduli dan tidak segera mencabut baterai setelah terisi full karena yakin IC pemutus arus akan secara otomatis membantu menghentikan pengisian baterai setelah baterai terisi penuh.

Padahal, sejatinya IC tersebut hanya bekerja maksimal jika ponsel di charging pada kondisi off.

Saat ponsel dihubungkan dengan charger pada kondisi menyala, handphone akan terus menerus mengkonsumsi daya.

Penjelasan sederhana nya, sudah full, kemudian terpakai, mengisi lagi, full, terpakai lagi, begitu berulang selama charger tetap menempel.

Akibat yang mudah terlihat adalah peningkatan suhu pada baterai, dan akibat jangka panjangnya adalah berkurangnya umur baterai.

Bahkan, peningkatan suhu yang tinggi bukan hanya berbahaya bagi baterai ponsel anda, namun juga dapat merusak komponen di dalam ponsel.

Jadi, berbeda dengan pengisisan daya powerbank, saat mengisi daya baterai ponsel sebaiknya anda memperhatikan kapasitas baterai yang sudah terisi.

Segera cabut charger jika baterai sudah terisi penuh, jangan men-charge hp semalaman dengan kondisi handphone menyala, atau lakukan isi daya dengan kondisi handphone mati (off)

Demikian semoga bermanfaat

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: