Meningkatkan Produktifitas Diri anda


Idaff bisnis online

Jika kita ingin menjadi seseorang yang lebih produktif adalah merupakan salah satu yang di inginan setiap inividu di dunia, bukan begitu teman-teman ? Dengan berperilaku yang lebih produktif, waktu kita bekerja kita akan menjadi semakin bermanfaat dan tidak ada yang disia-sia. Sayangnya, kebanyakan orang merasa kesulitan untuk berperilaku produktif. Menurut mereka, berperilaku produktif itu sanagat merepotkan. Lantas, apakah kita tidak bisa meningkatkan produktifitas diri dengan mudah? Jawabannya tentu tidak. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan produktifitas diri dengan mudah dan efektif.

fokus

Perlu melakukan menyemangati diri Anda sendiri

Kurangnya motivasi dan rendahnya kepercayaan diri anda adalah merupakan salah satu penghalang utama meningkatnya produktifitas diri. Oleh karena itu, semangat sangat penting untuk kita dapatkan. Semangat bisa datang dari mana saja, bahkan dari diri sendiri. Terlebih lagi, menyemangati diri sendiri sangat efektif untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan motivasi. Mungkin hal ini bisa dibilang sederhana, namun akan sangat berpengaruh terhadap mental Anda. Menyemangati diri bisa dilakukan dengan berpikir positif dan meyakinkan diri bahwa Anda bisa melakukan segala hal asalkan yakin anda bisa ini memang tidak mudah dilakukan ini merupakan hal yang banyak dialami oleh setiap orang termasuk saya sendiri masih sulit untuk bisa menyemangati diri ini memang perlu dilakukan dan harus dilakukan kalau dalam ajaran islam kita harus memiliki jiwa semangat dan itu harus dimiliki jiwa semangat oleh setiap muslim. Kalau dalam islam kita akan melakukan suatu hal maka harus segera dan tidak boleh menunda-nunda karena sifat menunda-nunda akan mempunyai dampak yang tidak baik untuk semua hal. Kalau dalam islam agar kita memiliki jiwa semangat maka kita harus selalu memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi dan tidak boleh menyepelekan semua hal.

Tentukan tujuan Anda hari ini 

Sering kali kita bangun pagi dan berangkat bekerja tanpa mengetahui apa yang harus kita lakukan seharian ini. Akhirnya, kita tidak pernah tahu apa yang kita dapatkan pada hari ini. Ada baiknya apabila Anda menentukan tujuan Anda hari ini. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu atau datang tanpa terlambat. Tuliskan tujuan ini di sebuah kertas kecil. Gunanya agar Anda selalu teringat akan tujuan Anda hari ini. Selain itu, dengan menentukan tujuan Anda, setiap hari Anda akan merasa bahwa setidaknya Anda mencapai sesuatu hari ini.

Lakukan yang menurut Anda paling sulit

Mulai kerjakan aktivitas Anda dari yang menurut Anda paling sulit dan menghabiskan tenaga. Biasanya, seseorang enggan melakukan pekerjaan yang sulit dan menundanya dalam kurun waktu tertentu. Hal ini justru akan membuat pekerjaan tersebut makin sulit dikerjakan karena waktu yang semakin sempit. Selain itu, energi Anda di akhir jam kerja biasanya semakin kecil. Waktu yang terbatas serta kelelahan akan membuat pekerjaan tersebut akan berakhir kacau.

Kurangi distraksi

Hal-hal yang mengalihkan fokus juga harus dihilangkan. Sering kali waktu terbuang hanya karena fokus teralihkan oleh sesuatu hal yang sepele, misalnya berselancar di dunia maya atau sekedar cek email beberapa kali. Hal ini akan membuang waktu Anda. Oleh karena itu, hindarilah atau jika perlu, matikan ponsel Anda selama bekerja. Pasalnya, ponsel sering kali jadi penyebab utama distraksi , terima kasih atas berbagai chat dan aplikasi menarik di dalamnya.

Makan cukup untuk membentuk energi baru

Beraktivitas tentu membutuhkan energi yang cukup. Meski Anda sibuk sekalipun, jangan pernah lupa untuk makan cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Hal ini tidak lain bertujuan untuk membentuk energy baru untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda dalam sehari. Selain itu, makanan ringan seperti buah-buahan atau kacang-kacangan juga penting untuk disiapkan di meja kerja Anda. Fungsinya agar Anda tidak beranjak dari meja kerja hanya untuk mencari kudapan untuk mengganjal perut yang lapar. Dengan demikian, waktu bekerja akan semakin efektif.

Delegasikan pekerjaan Anda sebisa mungkin

Ini bukan berarti Anda berhak memberikan pekerjaan Anda ke orang lain. Pendelegasian ini semata-mata hanya untuk mengurangi beban pekerjaan Anda. Pekerjaan yang tidak terlalu sulit atau masih bisa dikerjakan orang lain bisa Anda relakan. Hal ini demi mendapatkan waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan Anda yang lebih penting dan butuh keahlian Anda. Dengan demikian, waktu Anda tidak akan habis karena pekerjaan yang sebenarnya bukan pekerjaan Anda.

Istirahat yang secara teratur

Bagaimanapun, istirahat adalah salah satu kunci untuk mengembalikan energi yang terpakai setelah bekerja seharian. Anda pasti tidak ingin bekerja dalam keadaan lelah, bukan? Lagipula, kurang tidur dapat mengurangi konsentrasi serta membuat seseorang tidak fokus. Oleh karena itu, berisitirahat yang cukup akan sangat memberikan kontribusi yang baik terhadap produktifitas kerja.

Itulah beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan produktifitas diri. Meski cara-cara di atas cukup mudah, akan terasa semakin sulit apabila Anda tidak mendasari segala aktivitas dengan niat dari dalam hati. Selama ada niat yang kuat, kehidupan yang lebih produktif akan dengan mudah tercapai

Demikian semoga bermanfaat.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: