PKP BAB III


BAB III
RENCANA PERBAIKAN
A.Subyek,Tempat,Waktu Penelitian,Pihak yang Membantu
1.Lokasi
Lokasi penelitian akan dilakukan di PAUD Terpadu Al Mujahidin Jl.Sadang Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap,dengan jumlah siswa 16 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan dengan usia anak 3-4 tahun, Kelas yang akan menjadi subyek penelitian adalah kelas Kelompok Bermain.
Pemilihan tempat ini sebagai lokasi penelitian atas dasar pertimbangan sebagai berikut:
a.PAUD Terpadu Al Mujahidin Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap berdiri tahun 1999, yang bertempat di Jl.Sadang No.12 Gumilir,dengan jumlah pendidik 23 orang.1 Kepala Sekolah dan 22 Guru.
b.Peneliti sendiri merupakan salah satu pendidik/guru di PAUD Terpadu Al Mujahidin Cilacap Utara sehingga menjadikan PAUD tersebut sebagai objek penelitian.
c.Peneliti sendiri ingin meningkatkan minat dan keberanian siswa dalam bercerita gambar yang disediakan

2.Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus,setiap siklusnya dilaksanakan 5 kali pertemuan. Pelaksanaan siklus 1 pada hari Senin tanggal 09 Maret 2015 sampai hari Jumat 13 Maret 2015, Siklus ke II dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Maret 2015 sampai hari Jumat tanggal 24 Maret 2015
3.Tema
Tema yang diteliti adalah “Binatang”.Tema tersebut dirinci menjadi sub-sub tema berikut :
a.Macam-macam binatang
b.Binatang yang hidup di air.
c.Binatang yang hidup di darat.
d.Binatang yang berkaki 2.
e.Binatang yang berkaki 4.

4.Kelompok
Kelompok anak yang menjadi subjek penelitian adalah kelompok Bermain. Jumlah siswa seluruhnya 16 siswa. Terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan dengan rentang usia 3-4 tahun.
5.Karakteristik Anak
Montolalu (2007:214) mengatakan bahwa agar dapat memberi bimbingan kepada anak dengan sebaik-baiknya guru perlu mengetahui bahwa pada umumnya anak-anak melalui tingkatan-tingkatan atau tahap-tahap bermain sbb:

a.Tahap Manipulatif
Yaitu,suatu proses pada saat anak berusia 2-3 tahun.Dengan menggunakan alat-alat atau benda yang ia pegang,anak akan melakukan penyelidikan dengan cara membolak balik,meraba,bahkan menjatuhkan lalu melempar dan memungut kembali,dsb.
b.Tahap Simbolis
Tahap dari manipulative ke tahap simbolis hampir tidak terlihat.tahap ini ,anak melakukan kembali apa yang pernah ia lakukan pada tahap manipulative,contohnya kadang berbicara sendiri.
c.Tahap Eksplorasi
Pada tahap ini anak bermain sendiri ,ia lebih senang tidak berteman dalam bermain.Permainannya lebih banyak kearah yang berhubungan dengan pasir,seperti mengayak pasir,menuangkannya,dan meletakkan kembali dalam wadah.
d.Tahap Eksperimen
Tahap ini dimana anak mulai melakukan percobaan,yang berarti mereka memasuki tahap eksperimen.
e.Tahap dapat dikenal
Anak usia 5-6 tahun pada umumnya telah mencapai tahapan bermain ini,yaitu membentuk bangun-bangun yang realistis,bentuk-bentuk yang sudah dikenal atau dilihat anak dalam kehidupannya.

B.Deskripsi Rencana Tiap Siklus
1.Rencana Pelaksanaan
a)Siklus 1
1)Rencana Tindakan
a.Siswa mencari dan menemukan bola yang disembunyikan.
b.Siswa menceritakan gambar yang terdapat didalam bola yang ditemukannya.
c.Evaluasi akan dilakukan kepada siswa dalam melakukan kegiatan mencari dan menceritakan gambar yang terdapat didalam bola.
2)Langkah-langkah Perbaikan
RKH 1
Kegiatan Awal
– PL. Senam fantasi menirukan jalannya katak
– Berdo’a, salam
– BCC. Menyebutkan macam-macam binatang
Kegiatan Inti
– Mengucap syair “Gajah”
– Bermain Bola-bola Tersembunyi cerita “Gajah dan Semut”
– Menyanyi lagu “berjalan dalam lingkaran”
Kegiatan Akhir
-Mengulas kegiatan sehari
-Do’a pulang, salam

RKH 2
Kegiatan Awal
-PL. Melompat keberbagai arah dengan 2 kaki
-Berdo’a, salam
-BCC. Tempat hidup binatang

Kegiatan Inti
-Menyayi lagu “berjalan dalam lingkaran”
-Bermain bola-bola tersembunyi cerita “Memancing Ikan”
-Mengulangi isi cerita masing-masing

Kegiatan Akhir
-BCC. Meminta ijin bila meminjam benda milik orang lain
-Mengulas kegiatan sehari
-Do,a pulang, salam

RKH 3
Kegiatan Awal
-PL. Menangkap bola besar dengan 2 tangan
-Berdo’a, salam
-BCC. Binatang berkaki 2

Kegiatan Inti
-Menebak nama binatang
-Bermain bola-bola tersembunyi cerita “Anak Ayam”
Kegiatan Akhir
-Tepuk “Ayam”
-Mengulas kegiatan sehari
-Do’a pulang, salam

RKH 4
Kegiatan Awal
-PL. Memanjat dan bergelantung
-Berdo’a, salam
-BCC. Binatang berkaki 4
Kegiatan Inti
-Menyayi lagu “Kura-kura”
-Bermain Bola-bola tersembunyi cerita “Kancil dan Kura-kura”
-Menjawab pertanyaan seputar cerita
Kegiatan Akhir
-Mengulas kegiatan sehari
-Do’a pulang, salam

b)Siklus II
1)Rencana Tindakan
a.Siswa mencari dan menemukan bola yang disembunyikan.
b.Siswa menceritakan gambar yang terdapat didalam bola yang ditemukannya.
c.Evaluasi akan dilakukan kepada siswa dalam melakukan kegiatan mencari dan menceritakan gambar yang terdapat didalam bola.
2)Langkah-langkah perbaikan
RKH 1
Kegiatan Awal
– PL. Senam fantasi menirukan jalannya katak
– Berdo’a, salam
– BCC. Menyebutkan macam-macam binatang
Kegiatan Inti
– Mengucap syair “Gajah”
– Bermain Bola-bola Tersembunyi cerita “Gajah dan Semut”
– Menyanyi lagu “berjalan dalam lingkaran”
Kegiatan Akhir
-Mengulas kegiatan sehari
-Do’a pulang, salam
RKH 2
Kegiatan Awal
-PL. Melompat keberbagai arah dengan 2 kaki
-Berdo’a, salam
-BCC. Tempat hidup binatang
Kegiatan Inti
-Menyayi lagu “berjalan dalam lingkaran”
-Bermain bola-bola tersembunyi cerita “Memancing Ikan”
-Mengulangi isi cerita masing-masing

Kegiatan Akhir
-BCC. Meminta ijin bila meminjam benda milik orang lain
-Mengulas kegiatan sehari
-Do,a pulang, salam
RKH 3
Kegiatan Awal
-PL. Menangkap bola besar dengan 2 tangan
-Berdo’a, salam
-BCC. Binatang berkaki 2
Kegiatan Inti
-Menebak nama binatang
-Bermain bola-bola tersembunyi cerita “Anak Ayam”
Kegiatan Akhir
-Tepuk “Ayam”
-Mengulas kegiatan sehari
-Do’a pulang, salam
RKH 4
Kegiatan Awal
-PL. Memanjat dan bergelantung
-Berdo’a, salam
-BCC. Binatang berkaki 4
Kegiatan Inti
-Menyayi lagu “Kura-kura”
-Bermain Bola-bola tersembunyi cerita “Kancil dan Kura-kura”
-Menjawab pertanyaan seputar cerita
Kegiatan Akhir
-Mengulas kegiatan sehari
-Do’a pulang, salam

  1. Prosedur Pelaksanaan
    Pelaksanaan penelitian perbaikan ini dibantu oleh 2 pihak. Pihak 1 oleh Kepala Sekolah selaku supervisor 2 dan sekaligus sebagai penilai 1. Selain itu juga dibantu oleh pihak ke 2 teman sejawat selaku kolaboran (penilai 2). Adapun identitas dan tugas dari masing-masing pihak sebagai berikut:
    a.Identitas Supervisor 2 / Penilai 1
    Nama :
    NIP :
    Tempat Mengajar :
    Alamat Sekolah :
    Telepon/ HP :

Tugas :
(1)Membimbing mahasiswa di sekolah tempat mengajar terkait dengan tugas mengajar dalam mata kuliah PTK yang harus dikerjakan .
(2)Memberi masukan terhadap Rencana Perbaikan Kegiatan, Rencana Kegiatan Harian (RKH) Perbaikan, dan Skenario Pembelajaran yang disusun mahasiswa. Identifikasi Masalah hingga Perumusan Masalah ditentukan oleh mahasiswa dengan bimbingan dan persetujuan Supervisor 1 sedangkan Supervisor 2 hanya bersifat memberi saran. Supervisor 2 diharapkan memberikan bimbingan yang intensif kepada mahasiswa tentang pengusulan Rencana Perbaikan Kegiatan, Rencana Kegiatan Harian (RKH) Perbaikan, dan Skenario Pembelajaran.
(3)Mengamati dan menilai kinerja mahasiswa pada saat pelaksanaan perbaikan pembelajaran berlangsung.
(4)Memberi masukan terhadap kinerja mahasiswa setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran berlangsung dengan cara memberikan bimbingan dalam melakukan refleksi.
(5)Memeriksa kesesuaian antara Jurnal Kegiatan PKP dengan Laporan PKP mahasiswa dalam hal kegiatan yang dilakukan mahasiswa, apabila telah sesuai maka Supervisor 2 dapat menandatangani Lembar Pengesahan Laporan PKP bersama dengan Supervisor 1.
(6)Membuat jurnal kegiatan PTK

b.Identitas Kolaboran / penilai 2
Nama :
NIP :
Tempat Mengajar :
Alamat Sekolah :
Telepon / HP :
Tugas :
(a)Bersama Supervisor 2 menilai RKH/ RK pada akhir siklus 2 yang dibuat oleh mahasiswa dan pelaksanaannya dengan menggunakan PKG-PTK
Adapun Prosedur Pelaksanaan Perbaikan pembelajaran dilaksanakan
dalam proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap yaitu:
a. Melakukan perencanaan ( planning )
b. Melakukan tindakan ( acting )
c. Melakukan pengamatan ( observing )
d. Melakukan refleksi ( reflecting )
Hasil refleksi terhadap tindakan yang peneliti lakukan dijadikan pedoman untuk merevisi rencana tindakan, jika ternyata tindakan yang dilakukan belum berhasil. Tahap-tahap perbaikan pembelajaran di penelitian tindakan kelas tiap siklusnya dapat dilihat seperti pada gambar sebagai berikut:

    Berdasar gambar di atas dapat dijelaskan bahwa, pada studi awal proses pembelajaran diadakan penelitian untuk memperoleh data awal, untuk memantapkan persiapan penelitian mengadakan refleksi, studi literatur. 

Persiapan penelitian meliputi penyusunan ( sesuaikan RKH, tes, lembar observasi, lembar kerja siswa, mempersiapkan Kolaboran dan simulasi).Kemudian menuju pada tindakan siklus I.
Pada siklus ini diadakan perencanaan perbaikan, pelaksanaan perbaikan, observasi dan refleksi. Pada siklus I diadakan simpulan berhasil atau belum. Kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II dengan menempuh tahapan yang sama dengan siklus I: perencanaan perbaikan, pelaksanaan perbaikan, observasi dan refleksi.

3.Rencana Pengamatan dan Pengumpulan Data
Rencana pengamatan dan pengumpulan data meliputi: pelaksana, data yang akan diambil, instrumen dan cara menganalisis data. Masing-masing dapat diuraikan sebagai berikut:

a.Pelaksana : supervisor 2 dan kolaboran

b.Data yang akan dikumpulkan
Data yang diteliti disini berupa data kuantitatif. Dikatakan demikian karena data kuantitatif akan diolah melalui analisis deskriptif. Contoh data kuantitatif:
a)Data tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa
b)Data tentang minat siswa dalam bercerita
c)Data tentang keberanian siswa untuk bercerita

c.Instrumen pengumpulan data
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 cara, yaitu Observasi dan pemberian tugas. Masing-masing cara dan contoh instrumen yang dapat diuraikan sebagai berikut:
1) Observasi
Yaitu mengamati aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada setiap kali pertemuan dengan seksama, khususnya dalam proses kegiatan menghitung.
Tujuan observasi kepada guru yaitu memperoleh data kegiatan mengajar guru.tujuan observasi kepada anak didik yaitu memperoleh data kegiatan belajar anak didik.
Instrumen yang digunakan tampak seperti tabel berikut
d.Analisis Data
Penghitungan data yang digunakan adalah jumlah pencapaian
kompetensi dibagi jumlah seluruh siswa dikalikan 100%.
NA=Jmlh Pencapaian Kompetensi
Jumlah siswa x 100%.
Hasil penghitungan setiap siklus kemudian direkap menggunakan format
berikut:

SIKLUS :1(satu)
A.Minat siswa dalam bercerita gambar yang disediakan
B.Keberanian siswa dalam bercerita gambar yang disediakan

Rentang nilai Indikator
Minat siswa dalam bercerita Keberanian siswa dalam bercerita

Hasil akhir setiap siklus kemudian dianalis menggunakan analisis deskriptif komparatif, yakni membandingkan minat dan keberanian siswa dari kondisi awal dan kemampuan setelah penelitian. Hasil analisis digunakan sebagai dasar refleksi kegiatan bercerita gambar yang disediakan melalui Game bola bola tersembunyi siklus selanjutnya.

4.Rencana Refleksi
Rencana refleksi yang dideskripsikan meliputi: waktu, tujuan dan cara
melakukan refleksi. Masing-masing dapat diuraikan sperti berikut.
a.Waktu Pelaksanaan Refleksi
RKH hari Ke-1 (Senin/ 09 Maret 2015)
RKH hari Ke-2 (Selasa/10 Maret 2015)
RKH hari Ke-3 (Rabu/ 11 Maret 2015)
RKH hari Ke-4 (Kamis/ 12 Maret 2015)
RKH hari Ke-5 (Jumat/ 13 Maret 2015)

b.Tujuan dilakukan refleksi
Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan guru dalam proses dan
pelaksanaan pningkatan minat dan keberanian siswa dalam bercerita gambar yang disediakan.
c.Cara melakukan refleksi
Langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam merefleksi dapat diuraikan
sebagai berikut.
1)Guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar
2)Kolaboran dan supervisor 2 mengamati aktivitas guru dan siswa
3)Pada setiap akhir pertemuan dilakukan diskusi: supervisor 2, kolaboran dan peneliti
4)Supervisor dan kolaboran memberi saran/ masukan kepada peneliti berdasar simpulan kelebihan dan kekurangan saat itu.
5)Menyiapkan tindakan perbaikan terhadap kekurangan untuk dilakukan pada pertemuan berikutnya.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: