CONTOH HASIL PKP BAB I


BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan,akhlak mulia,serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat,bangsa,dan negara.hal ini sesuai dengan pasal 1 uu RI no.20 Tahun 2003.(Depdiknas,2007:2)

PAUD sebagai salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang dalam proses pembelajarannya menekankan pada prinsip bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain.Bermain adalah bagian integral dalam kehidupan setiap anak dan merupakan cara yang paling baik untuk mengembangkan potensi anak secara optimal.Penggunaan metode bermain disesuaikan dengan perkembangan anak(keperluan usia anak).Permainan yang digunakan pada PAUD adalah permainan yang merangsang kreatifitas dan menyenangkan serta sederhana.

Pendidikan PAUD harus dapat berusaha semaksimal mungkin untuk untuk dapat menciptakan situasi pembelajaran yang dapat mengembangkan seluruh potensi anak termasuk pengembangan bahasa.Perkembangan bahasa pada anak usia dini sangat penting karena dengan bahasa sebagai dasar kemampuan seoarang anak akan dapat meningkatkan kemampuan yang lain.termasuk dalam perkembangan bahasa adalah kemampuan untuk bercerita.Bercerita membantu anak dalam mempelajari kata dan konsep baru,dan merangsang pertumbuhan otak anak.

Berdasarkan pengamatan penulis,kemampuan berbahasa siswa kelompok Bermain PAUD Terpadu Al Mujahidin masih sangat kurang,terutama dalam kegiatan bercerita gambar yang disediakan.Dari 16 siswa hanya 5 siswa yang berani dan berminat untuk bercerita.Dari kondisi tersebut sudah selayaknya seorang guru PAUD untuk melakukan usaha perbaikan , salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah memilih strategi pembelajaran yang tepat. Peneliti menggunakan pembelajaran melalui permainan Bola-bola Tersembunyi untuk meningkatkan kemampuan bercerita gambar yang disediakan.

Permainan Bola-bola Tersembunyi merupakan permainan yang sangat menarik bagi siswa karena permainan ini menggunakan gambar-gambar yang terdapat didalam bola-bola.Permainan ini sangat memotivasi siswa untuk mencari bola-bola yang tersembunyi tersebut.Permainan ini dilakukan dengan menggunakan wadah plastik yang berukuran besar,didalamnya terdapat pasir/guntingan kertas dan bola-bola yang berisikan gambar-gambar.Siswa menyusupkan tangan mereka kedalam wadah plastik yang berisi pasir/guntingan dan mereka berusaha mendapatkan bola yang tersembunyi didalam wadah.Setelah siswa berhasil menemukan bola yang dicarinya ,siswa secara tidak langsung mengeluarkan ekspresi sehingga anak terdorong untuk menceritakan apa yang telah ditemukannya.Karena permainan ini sangat menarik dan memotivasi siswa sehingga dapat meningkatkan minat dan keberanian bercerita gambar yang disediakan.

Setelah dilakukan perbaikan diharapkan kemampuan berbahasa siswa kelompok Bermain PAUD Terpadu Al Mujahidin dalam kegiatan bercerita gambar yang disediakan akan meningkat . Dari 5 siswa (31,25%) yang sudah berani dan berminat dalam kegiatan bercerita akan meningkat menjadi 12 anak (75%).
1.Identifikasi Masalah
Kelompok Bermain PAUD Terpadu Al Mujahidin Cilacap pada tahun pelajaran 2014/2015 mempunyai siswa 16. Berdasarkan pengamatan kemampuan bahasa siswa dalam bercerita gambar yang disediakan masih sangat kurang.Masalah yang teridentifikasi yaitu:

Siswa kurang berminat dalam kegiatan bercerita gambar yang disediakan
Siswa belum berani untuk bercerita.

2.Analisis Masalah
Kurangnya kemampuan bercerita gambar yang disediakan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, siswa lebih suka mengobrol dengan temannya,siswa kurang berminat dan kurang berani untuk bercerita gambar yang disediakan.Dipandang dari sudut guru tidak ada inovasi dalam pembelajaran.
3.Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Proses kegiatan bercerita gambar yang disediakan ditahun 2013/2014,guru hanya menggunakan gambar dari buku atau majalah tetapi hasil yang dicapai kurang maksimal.Maka dalam perbaikan ini gambar-gambar tersebut akan dimasukkan kedalam permainan bola-bola tersembunyi.Dengan permainan bola-bola tersembunyi akan meningkatkan minat dan keberanian siswa untuk bercerita gambar yang disediakan.

B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut:
a. Apakah melalui permainan bola-bola tersembunyi dapat meningkatkan minat siswa Kelompok Bermain PAUD Terpadu Al Mujahidin dalam kegiatan bercerita gambar yang disediakan?
b. Bagaimana upaya meningkatkan keberanian bercerita gambar yang disediakan melalui permainan bola-bola tersembunyi?

C.Tujuan Perbaikan
1.Tujuan Umum
Tujuan dari perbaikan ini adalah peningkatan minat dan keberanian bercerita gambar yang disediakan.

2.Tujuan khusus
Sesuai dengan perumusan masalah diatas,maka tujuan perbaikan ini adalah peningkatan minat dan keberanian bercerita gambar yang disediakan,siswa Kelompok Bermain TK Islam Al Mujahidin Cilacap tahun pelajaran 2014/2015 dengan permainan Bola-bola Tersembunyi.

D.Manfaat Perbaikan
Perbaikan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk berbagai pihak,antara lain:
1. Bagi siswa
a. Siswa lebih tertarik untuk bercerita .
b. Meningkatnya minat dan keberanian bercerita pada siswa.

  1. Bagi guru
    a. Dapat memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran dikelas.
    b. Memperoleh pengalaman untuk meningkatkan minat dan keberanian siswa dengan Permainan bola-bola tersembunyi.
  2. Bagi sekolah
    a. Diharapkan mampu membantu sekolah dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar.
    b. Memotivasi kepada guru-guru untuk menerapkan metode yang bervariasi dalam pengajaran.
Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: