kerupuk tengiri makanan khas cilacap


Kerupuk Tengiri Khas Cilacap

Kerupuk ikan tengiri merupakan salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan tengiri dan dicampur dengan beberapa bahan lain yang nantinya akan memberikan rasa gurih dan juga enak. Kerupuk tengiri sendiri menjadi kesukaan banyak orang karena jika dijadikan sebagai cemilan atau lauk makan, akan sangat enak. Kerupuk tengiri ini sendiri juga memberikan manfaat untuk tubuh manusia karena kandungan dari ikan tengiri sangat baik untuk kesehatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh. Jika sebagian besar jenis kerupuk memiliki bentuk yang pipih dan cenderung lebar, maka kerupuk tengiri ini memiliki keunikan tersendiri karena bentuk dari kerupuk tengiri ini adalah bulat agak kotak dan berwarna kecoklatan serta sangat renyah.

Bahan kerupuk ikan tengiri

Sebagian orang sangat suka dengan kerupuk tengiri ini karena rasanya yang gurih dan juga enak, namun untuk orang yang kurang suka dengan seafood atau hasil olahan laut, maka akan kurang suka karena rasanya dan baunya memang cenderung ikan tengiri yang cukup kuat. Untuk bahan – bahan pembuat kerupuk tengiri sendiri adalah ikan tengiri yang sudah dihaluskan, tepung sagu, telur ayam, gula pasir, garam, soda kue, air dan penyedap rasa. Ikan tengiri yang kami gunakan adalah ikan pilihan dengan kualitas yang masih fresh dari nelayan pantai Cilacap.

Cara membuat kerupuk ikan tengiri

  1. Untuk membuat kerupuk ikan tengiri dimulai dengan menghaluskan daging ikan tengiri
  2. Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti
  • Bawang
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa dan di aduk bersama
  • Dengan telor. Setelah tercampur rata, dimasukan tepung sedikit demi sedikit sampai membnetuk adonan. Adonann yang sudah jadi kemudian di laukan pemotongan dan penggilingan membentuk adonan panjang, lalu di potong kecil-kecil kurang lebih 2 cm. Adonan yang sudah di potong lalu siap untuk di goreng. Minyak goreng yang kami gunakan untuk menggoreng adalah minyak goreng pilihan, rendah kolsterol dan kami hanya menggunakan minyak maksimal untuk  2x kali penggorengan sehingga sangat higienis dan tidak merusak kesehatan. Kerupuk yang telah matang siap di tiriskan dan siap di packing

Kandungan dan manfaat kerupuk ikan tengiri

Selain memiliki rasa dan aroma yang unik dan juga enak serta gurih, kerupuk tengiri memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, hal tersebut karena kerupuk tengiri menggunakan bahan baku ikan tengiri. Ikan tengiri sendiri menyimpan banyak sekali kandungan manfaat untuk tubuh manusia seperti asam lemak dan juga omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu kinerja jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu kinerja dari otak dan masih banyak lagi yang lainnya. Biasanya hasil laut memang menyimpan banyak sekali kandungan tersebut, namun memang tidak semua orang menyukai hasil laut oleh karena itu dibuatlah inovasi untuk mengurangi bau dan rasa amis dari ikan tengiri yaitu dengan dibuat menjadi kerupuk ikan tengiri. Beberapa campuran bahannya mengurangi aroma dan rasa yang amis. Oleh karena itu dengan menkonsumsi kerupuk tengiri tentu saja akan membantu memenuhi kebutuhan gizi dan kandungan dari ikan tengiri.

Selain enak, kerupuk ikan rupanya juga memiliki nilai tambah berupa kandungan zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Protein dan karbohidrat, yang merupakan zat-zat penting untuk kesehatan, mendominasi produk olahan ikan ini. Di samping itu, kerupuk ikan masih mempunyai kandungan zat gizi lain seperti vitamin (A dan B1), mineral (fosfor, kalsium, besi), serta lemak. Zat-zat ini sebagian besar bersumber pada ikan yang memang tergolong produk pangan dengan kandungan gizi tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa zat gizi yang ada pada ikan tidak banyak bergeser ketika berubah menjadi kerupuk. Hal ini tentu saja akan terjadi jika proses pengolahan yang dimulai dari pengolahan adonan hingga pengukusan dan pengeringan berjalan dengan benar dan tepat. Selain itu, pemilihan bahan dasar pun akan menentukan kualitas kerupuk ikan yang dihasilkan. Ikan yang baik dan segar tentu akan menghasilkan kerupuk yang bergizi sekaligus lezat.

Anda suka kerupuk? Saatnya mendapatkan kelezatan sekaligus kesehatan dengan memilih kerupuk ikan tengiri sebagai cemilan sehari-hari

 

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: