Vietnam Operasikan Kapal Selam Kilo di LCS


HANOI:(DM) – Vietnam mulai mengoperasikan kapal selam canggih Kilo Class mereka di Laut Cina Selatan, untuk mencegah agresivitas China. Sydney Morning Herald (SMH) memberitakan Vietnam juga memperluas penggunaan pelabuhan Cam Ranh Bay, dengan menampung kapal selam Kilo. Di pelabuhan strategis ini Vietnam akan menempatkan enam kapal selam yang dilakukan secara bertahap hingga tahun 2017.

 

Analis militer mengatakan kehadiran kapal selam Rusia di jajaran militer Vietnam, merupakan bagian penting yang akan mengubah secara signifikan keseimbangan kekuatan di Laut China Selatan.

Vietnam menghabiskan miliaran dolar AS untuk mengembangkan dan menambah : armada kapal selam, sistem rudal berbasis pantai, artileri, jet tempur multiperan, dan kapal cepat. Hampir seluruh senjata dibeli dari Rusia dan India.

Vietnam juga masih mengincar fighter bomber dari Rusia, dan sedang melakukan pembicaraan dengan produsen senjata Eropa dan AS untuk membeli pesawat tempur dan patroli maritim, serta drone surveilans bersenjata.

Khusus untuk rudal, Vietnam mendatangkan S-300 dari Rusia. Adapun untuk pengawasan dan radar, militer Vietnam mendapatkannya dari Israel.
International Peace Research Institute mencatat Vietnam negara Asia Tenggara dengan belanja militer terbesar dalam satu dekade terakhir. Pakar Militer dari Defence Force Academy di Canberra, Profesor Charlyle Thayer, mengatakan jika semua kapal selam beroperasi, maka Vietnam akan memiliki kemampuan menyerang lawan dengan baik.

Sistem senjata Vietnam akan membuat operasi maritim China menjadi sangat mahal, untuk operasi maritim China di sepanjang perbatasan Vietnam-China yang berjarak 200 sampai 300 mil laut. Kemampuan Vietnam menyebar kekuatan kapal selam secara diam-diam membuat kapal-kapal China di Kepulauan Spratly dalam bahaya permanen.

Sumber : http://m.inilah.com/

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: