Menjadi Pengusaha Pada Usia Muda Dan Sukses


 

bisnis

Saat ini banyak sekali anak – anak muda baik di indonesia maupun dari seluruh dunia yang memutuskan untuk memulai bisnis. Nama nama tenar seperti Mark Zuckerberg pelopor Facebook, Larry Page penemu Google, atau bahkan Evan Spiegel pendiri Snapchat merupakan contoh dari segelintir anak muda yang dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis. Dari dalam Negeri pun sudah banyak sekali anak muda yang sukses dalam menjalankan bisnisnya, seperti Hamzah Izzulhaq Yasa Singgih, Gazan Azka, Rico Huang dll. Mungkin Anda penasaran bagaimana mereka bisa sukses menjadi pengusaha di usia yang masih muda.. Hmmm, dari pada Anda penasaran terus menerus, yuk simak ulasan berikut ini :

  1. Semangat : Ketika masih muda, Anda harus memiliki semangat yang kuat bila ingin menjadi orang yang sukses. Faktor semangat sangatlah berpengaruh dalam kesuksesan seseorang, semakin besar semangat yang Anda miliki, peluang kesuksesan pun akan semakin terbuka. Bayangkan bila Anda tidak memiliki semangat, loyo, Ketika Anda mengalami kegagalan, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk bangkit dari kegagalan tersebut. Sebaliknya, jika Anda memiliki semangat yang kuat segagal apapun kegagalan tersebut, Anda akan bangkit dan melangkah terus.

    “Hanya jika ada semangat, maka hal – hal sulit akan terasa lebih mudah”

  1. Delegasikan Hal – Hal kecil : Pengusaha sukses lebih fokus mengerjakan suatu hal yang berdampak besar. Itulah alasan kenapa Mark Zuckerberg sering mengenakan pakaian yang sama saat bekerja, atau bahkan saat menjadi pembicara sekalipun. Bahkan saat di tanya oleh wartawan “Kenapa Anda selalu memakai pakaian yang sama setiap saat” Mark menjawab “Saya tidak ingin membuang energi untuk memutuskan pakaian mana yang harus saya kenakan setiap harinya. Saya ingin membersihkan diri saya dari keputusan itu, sehingga saya harus membuat lebih sedikit keputusan terhadap apapun kecuali bagaimana melayani masyarakat dengan Facebook,” dan dia pun mengakaui memiliki 24 koleksi baju ciri khasnya. Hal itu dilakukan karena mereka tidak mau direpotkan untuk sekadar memlilih baju. Sebaliknya, mereka bisa berlama- lama fokus pada tugas-tugas yang bernilai tinggi. itulah hal yang harus Anda tiru, lakukan lah kegiatan yang memang berdampak besar.

Aturan paling sederhana dalam bisnis adalah jika kau mengerjakan hal yang paling mudah dahulu, maka sebenarnya kau telah banyak membuat kemajuan”

Mark Zuckerberg

 

  1. Rela Kehilangan Masa Muda : Di saat anak – anak muda di sekitar Anda, hanya bersenang senang dan berfoya – foya, maka janganlah Anda lakukan itu. Lebih baik Anda terus berusaha, jatuh-bangun, berkeringat, bersusah – susah, berdarah – darah untuk menggapai kesuksesan, dari pada hanya bersenang – senang dan berfoya – foya. Karena usaha yang Anda lakukan, keringat yang Anda keluarkan tidak akan berbohong dengan hasil yang akan Anda dapatkan kelak. “Masa tua yang nyaman tidak lahir dari masa muda yang leha-leha, jauh lebih baik kita kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan.” – Yasa Singgih –

 

  1. Berani Mengambil Kegagalan dan Resiko : Menjadi pengusaha sukses harus mau untuk belajar dari kegagalan. Setelah mengakui ide bisnis sebelumnya tidak baik, para pengusaha sukses memutuskan untuk membuat perubahan dan strategi bisnis yang jauh lebih baik di banding yang sebelumnya. Kemudian memulai usaha baru.. maka dari itu bila Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus berani dan siap menghadapi kegagalan. Para Pengusaha sukses juga harus berani mengambil resiko, mereka cenderung untuk tidak terlalu banyak menganalisis keadaan yang ada. Dari memutuskan untuk berhenti kuliah dan bahkan ada yang berani hingga keluar dari pekerjaannya, pengusaha-pengusaha ini merupakan pengambil resiko ulung. Contoh saja Mark Zuckerberg yang keluar dari kuliahnya dan memulai membuat facebook, Serta pengusaha nyentrik asal indonesia yakni Bambang Mustari Sadino atau yang lebih akrab di panggil “Bob Sadino” dia dahulu merupakan seorang karyawan di perusahaan Belanda, namun ia lebih memilih keluar dan memulai bisnisnya di indonesia.

“Barang siapa yang menginginkan mutiara harus berani terjun di lautan yang dalam”
Ir Soekarno

  1. Berbisnis Dengan Hobi : “Hobby yang nikmat adalah hobby yang di bayar” Ungkapan tersebut memanglah benar ketika Anda dibayar, maka Anda akan melakukan pekerjaan tersebut dengan penuh senang hati. Dan hasilnya pun akan memuaskan, karena Anda melakukannya dengan penuh keikhlasan. Saat usia muda dan remaja, Anda cenderung memiliki Hobby yang banyak sekali. Contohnya, Gazan Azka Ghafara Pemilik Zanana Chips ini sangat menyukai kripik piisang, maka ia membuka bisnis kripik pisang yang sudah menghasilkan omzet hingga ratusan juta.

8-tips-buka-bisnis-untuk-mahasiswa-KxCQAWcqhj

  1. Berinovasi dan Beradaptasi Terhadap Perkembangan Zaman : Di usia remaja atau muda inovasi seseorang sangatlah tinggi, dan itu bisa di terapkan oleh siapapun yang ingin sukses di usia muda. Pengusaha sukses tidak hanya mengambil langkah inisasi baru, mereka juga terus menerus beradaptasi terhadap perkembangan zaman, berinovasi. Semakin pesatnya perkembangan zaman membuat para konsumen akan menuntut inovasi apa yang akan dikeluarkan selanjutnya.

 

  1. Fokus : Fokus terhadap bisnis yang Anda kerjakan dapat membantu untuk membuat bisnis Anda lebih berkembang. Banyak pengusaha yang baru saja memulai bisnis sudah membuka dan membuat bisnis baru, ini justru akan membuat pecah fokus dalam membangun bisnisnya. Bukannya membuat bisnis menjadi lebih maju, justru akan membuatnya hancur karena tidak fokus dalam menjalankannya.

“Fokuslah setidaknya 5 tahun dalam 1 bisnis, jangan dulu berpindah ke bisnis yang lain”
Jaya Setiabudi

 

  1. Miliki Sifat Keuletan : Keuletan artinya tangguh, kuat, dan tidak mudah putus asa. Seorang pengusaha yang mempunyai cita-cita tinggi, misalnya ingin menjadi orang yang terkenal dan berhasil, biasanya sangat ulet dai dalam mencapai cita-citanya. Cita-cita yang tinggi akan menjadi pendorong dan daya tahan dalam menghadapi segala rintangan, hambatan, cobaan, dan kendala yang dihadapi. Banyak di antaranya orang yang sudah putus asa, menyerah kalah karena melihat tanda-tanda kegagalan.

 

  1. Bekerja Keras  : Pada usia muda Anda pasti memiliki energi yang besar, maka dari itu gunakan energi tersebut untuk bekerja keras. Ibarat menabung, semakin banyak Anda menabung, semakin banyak yang Anda dapatkan, Semakin keras kerja yang Anda lakukan semakin besar juga kesuksesan yang Anda dapatkan kelak.

“Keringat tidak akan berdusta pada hasil”

Yasa Singgih

Memulai-Bisnis-Karyawan

  1. Investasikan Uang Anda : Banyak pengusaha sukses yang membuat variasi dan menginvestasikan kembali kekayaan yang mereka miliki. Hal ini untuk memastikan diri mereka agar tidak jatuh bangkrut. Investasikan sedikit demi sedikit uang yang Anda dapatkan, jangan di belikan barang yang tidak Anda butuhkan, lebih baik uang tersebut di Investasikan.

 

  1. Ikuti Polanya : Di usia muuda banyak sekali anak muda yang mengikuti pola tren masa kini. Dari pada hanya mengikuti pola tren masa kini, lebih baik mengikuti pola orang yang sudah sukses.

“Sukses Berpola, Gagal Juga Berpola”

Jaya Setiabudi

 

Demikian semoga bermanfaat dan menjadi isnpirasi buat kita yang ingin berbisnis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: