Cara Memulai bisnis sebelum lulus kuliah


bisnis tepat

Memulai bisnis sebelum lulus kuliah mungkin nampak seperti mengambil langkah berisiko. Yang sangat tidak mungkin bahkan sebagian orang takut enggan memulai bisnis ini Tetapi sebenarnya langkah ini sangat tepat untuk dilakukan. Kalau masih kuliahkan ga ada target yangt harus dilakukan yang terpenting bisa memenuhi kebutuhan uang tambahan untuk biaya kuliah atau sekedar buat uang jajan. Apalagi, sebagai mahasiswa untuk memulai berbisnis, kita enggak akan mengalami banyak kerugian karena modal yang kita keluarkan belum terlalu besar penglaman saya waktu kuliah paling banyak berapa sih ga nyampai itungan jutaan rupiah ya paling ratusan ribu saja. Soalnya, kita belum banyak kebutuhan baik untuk keperluan anak-anak, cicilan rumah atau kewajiban lain. Jika kita gagal, kita tetap bisa meneruskan kuilah dan tetap bisa belajar.

Dibawah Inilah langkah-langkah yang harus kamu jalani agar sukses membuka bisnis ketika masih duduk di bangku kuliah.

  1. Bisa menemui mentor karena dikampus banyak praktisi bisnis yang bisa kita manfaatkan : Jadi mahasiswa itu banyak untungnya. Ketika berniat mulai berbisnis, kita bisa menemui dosen yang sudah bergelut dibidang bisnis nanti bisa membantu. Setidaknya, mereka bisa menjadi teman diskusi yang memberi masukan tentang berbagai ide bisnis, atau teman-teman yang sudah memulai bisnis dan sudah mendapatkan penghasilan dari usahanya.

kunci sukses

  1. Perluas hobi : Mungkin temen-temen memiliki hobi dan kita liat apakah hobi yang kita senangi bisa dijadikan ladang bisnis. Banyak sekali bisnis yang digeluti dari hobi yang disenangi dan bisa menjadi pendapatan yang sangat menjanjikan.
  1. Buat pendanaan yang realistis : Rencanakan anggaran dana untuk modal yang akan dijalani. Dari modal yang kecil dengan anggaran awal, kamu jangan menggunakan modal yang terlalu besar karena kamu masih awal karena biasanya kamu tidak sadar bertapa mahalnya hal-hal yang bisa mendukung bisnismu itu dari modal kecil denggan keuntungan bisa besar dan juga bisa kecil tergantung jenis usaha yang kamu jalankan.
  1. Berpikir beda tentang tugas kuliah : Bedakan antara kuliah dengan bisnis Jika dapat tugas membuat proposal bisnis, kenapa tidak dilakukan dengan serius ? Siapa tahu, nanti ada pihak yang tertarik dan mendanai ide usahamu itu.
  1. Menjadi bos : Menjalani bisnis itu membutuhkan waktu. Melalui kerja keras dan jaringan, kita bisa membangun bisnis meski masih mahasiswa. Jangan pernah menunggu untuk mengerjakan sesuatu, dan mulailah berperilaku seperti pemimpin.
  1. Uji ide : Kamu harus menguji ide-idemu untuk melihat apakah bisa diterima dipasaran jika ada pasar yang cocok dengan ide itu. Setelah itu, kita harus bisa belajar cepat mengenai pasar dan menentukan strategi bisnis yang tepat.
  1. Targetkan pemasaran social : Kita bisa menggunakan media social, blog atau website sesuai karakteristik audiensnya sebagai media pemasaran.
  1. Tekun dan Ulet : Kita harus mempunyai sifat yang tekun dan ulet dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena dari ketekunan dan keuletan ini kita bisa akan berhasil
  1. Sabar : Sabar adalah kunci dari semua macam bisnis atau apapun itu karena kebanyakkan orang kurang sabar dalam menjalankan bisnis sehingga hanya berjalan sebentar kemudian tuup bisnisnya. Kesabaran adalah kunci sukses untuk semua hal apapun itu
  1. Menerima kritik dan saran/pendapat dari orang lain : Kita harus menerima setiap orang yang telah mengkritik dan memberikan saran/pendapat kepada kita dan kita tampung dan kita pelajari apakah bisa digunakan dibisnis yang kita jalankan. Karena kebanyakkan orang tidak mau menerima kritik/saran yang diberikan oleh orang lain. Ini adalah kesalahan yang sangat fatal bila kita menjalankan sebuah bisnis initinya kita harus terbuka terhadap semua orang.
  1. Jangan takut gagal : Sebagai pengusaha yang baru, janganlah takut untuk gagal. Karena kegagalan adalah kunci sukses menuju keberhasilan. Setiap orang yang menjalani sebuah bisnis pastinya pernah dan sering mengalami kegagalan kecil ataupun besar.
  1. Jujur : Kita harus jujur dalam menjalankan sebuah bisnis kejujuran akan membawa sesorang akan lebih suka dan relasi ataupun customer akan lebih suka bila ada sebuah perusahaan itu jujur.
  1. Semangat dan optimis : Semangat dan optimis adalah sifat yang harus kita miliki dalam sebuah bisnis, kalau kita menjalankan usaha tapi tidak semangat maka usaha kita tidak bisa berjalan dengan baik.

Demikian semoga bermanfaat dan kita bisa mencoba untuk memulai bisnis.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: