Bahayanya kesalahan dalam menggunakan Mouse Cara Salah Menggenggam Mouse


Bismillah

HP-Z3600

Bahayanya kesalahan dalam menggunakan Mouse Cara Salah Menggenggam Mouse

Hidup di zaman yang modern dan serba canggih, Anda tentu tidak akan bisa menghindari pekerjaan yang memanfaatkan komputer dan untuk mengoperasikanya tentu saja Anda membutuhkan sebuah mouse (tetikus). Perangkat kecil yang dapat digenggam dengan telapak tangan ini digunakan untuk mengontrol kursor ke segala arah dan memulai perintah. Dalam mengoperasikan komputer Anda akan sangat sering berinteraksi dengan mouse tersebut. Tidak heran karena seringnya berinteraksi dengan mouse, pergelangan tangan kita kadang merasa pegal. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan posisi tangan kita yang salah ketika memegang mouse. Kesalahan ini ternyata tidak bisa dianggap enteng, karena jika dilakukan terus menerus maka otot yang ada pada pergelangan tangan bisa mengalami kerusakan.

Untuk itu berikut ini adalah tips memegang mouse komputer dengan tepat agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya.

Jarak tangan dan mouse

Ketika Anda memegang mouse, jarak jangkauan tangan Anda terhadap mouse. Jangan sampai terlalu jauh karena ketika tangan Anda berusaha menjangkau mouse tersebut ada otot-otot tangan yang ikut tertarik.

mouse AAC

Posisi Pergelangan Tangan

Posisi pergelangan tangan merupakan hal yang paling penting diperhatikan. Jika Anda terlalu lama memegang mouse pada posisi yang salah maka resiko terjadinya kerusakan pada otot tangan semakin besar. Posisi pergelangan tangan harus sejajar lurus dengan mouse yang digunakan.

mouse AAC 1

Lama Waktu Penggunaan

Semakin lama Anda memegang dan menggunakan mouse tentu semakin meningkat resiko terjadinya kelainan otot pada tangan. Untuk itu Anda harus membatasi waktu penggunaan mouse. Jika Anda sering bermain game melalui komputer, tentu waktu yang digunakan lebih lama dari waktu normal. Istirahatkan lengan Anda setiap setengah jam penggunaan.

Lakukan Peregangan

Melakukan pemanasan terlebih dahulu sangat dianjurkan jika Anda akan berinteraksi dengan mouse komputer dalam waktu yang lama. Anda dapat melemaskan otot-otot yang tegang terlebih dahulu. Dengan begitu resiko kerusakan pada otot tangan terutama bagian pergelangan semakin kecil.

Demikian semoga bermanfaat.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: