Samsung Galaxy Y S5360 gagal booting/bootloop


Mengatasi Samsung Galaxy Young GT-S5360 Gagal Booting / Bootloop. Bootloop atau di sebut juga sebagai gagal booting pada android merupakan suatu kegagalan dalam proses booting di mana apabila handphone di hidupkan hanya sampai pada logo samsung dan setelah menunggu lama handphone kembali restart serta tidak dapat mengakses ke menu handphone.

Tentunya apabila kita mengalami hal seperti di atas akan merasa jenggkel / sebel handphone yang kita pakai tiba – tiba bootloop tanpa tak terduga. Hal itu di sebabkan oleh banyak faktor dan salah satunya bisa di karenakan gagal upgrade atau kegagalan proses system.

Apabila sobat ingin memperbaikinya sendiri di sini saya akan berbagi tutorialnya Mengatasi Samsung Galaxy Young Gagal Booting/Bootloop dan berikut ini cara serta langkahnya:

1.Matikan handphone samapai benar- benar dalam ke adaan off.
2.Tekan tombol volume up + home + power secara bersamaan sampai masuk ke menu recovery mode.
3.Bila sudah masuk menu seperti di atas tekan tombol volume down dan pilih wipe data factory reset untuk yes tekan tombol home kemudian pilih delete all user.

4.Setelah tahap di atas sudah selesai maka selanjutnya tekan / pilih reboot system now. Kemudian Nanti seteleh itu maka handphone akan restart secara otomatis dan masalah bootloop / gagal booting akan teratasi.

5.Selesai sudah. Tapi bila handpone belum jadi juga kita harus menggunakan cara yang lain yaitu menggunakan sofware yang bisa kita dapatkan pada internet dan kita perlu mendownloadnya terlebuih dahulu. Yang perlu kita siapkan adalah Handphone samsung young yang trobel batrai udah terisi 80%, sebuah Laptop/PC yang terhubung dengan internet karena untuk mendownload sofwarenya dan kabel data untuk menghubungkan handphone dangan laptop/PC. Penyebab Samsung Galaxy Young yang mati atau Gagal Booting ( Bootloop ) ini biasanya terjadi karena kita melakukan beberapa kesalahan dalam menginstal aplikasi, atau salah upgrade Galaxy Y kita, misalnya salah instal costum room.

Biasanya Galaxy Young mati atau gagal booting karena mencoba-coba costum room dan melakukan kesalahan dalam penginstalannya. Ok sobat berikut ini cara memperbaiki Galaxy Young yang loadingnya hanya sampai di Logo samsung atau Bootloop atau gagal Booting.

Solusi 1 Galaxy Young mati
Install ulang Firmware galaxy Young anda ( Flashing Samsung Galaxy Young

Cara flash ini dengan menggunakan flash tool Odin. Odin datang dengan ekstensi rar. Odin jelas berbeda dengan flashtool yang digunakan pada ponsel xperia atau yang lainnya karena flash tool ini khusus untuk pengguna samsung smartphone tetapi tidak semua ponsel pintar samsung bisa menggunakan semua versi odin, kadang-kadang hanya versi tertentu saja yang kompatibel.

1.Download dulu bahan yang akan digunakan untuk proses flashing Pertama download dulu Samsung klik download Kies 66 MB downloadnya jangan yang “kies 3” tapi “kies”
2.Jalankan KiesSetup.exe instal sampai selesai, jika kemudian aplikasinya terbuka tutup saja.
3.Yang terpenting Download ini untuk terbarunya 121 MB (DXLC1) atau download yang terbaru kalau mau yang fersi lain bisa juga download (DXMJ1) bisa kesini saja.sedangkan Odin Download
4.Extract file yang sudah didownload kedalam 1 folder, jika hasil ectract berformat tar.md5 mungkin anda memerlukan cara ini

Cara Extract Firmware Samsung Galaxy Berformat Rar.md5

5.Buka Odin3_v1.84.exe
6.Kemudian lihat dan atur seperti seperti pada gambar dibawah ini
-Untuk PDA Pilih PDA
-Untuk PHONE Pilih Modem
-Untuk CSC Pilih CSC

samsung

7.Ambil HP nya pastikan dalam keadaan mati
8.Kemudian Tekan tombol volume down+home+power secara bersamaan dan jangan sampai dilepas sebelum muncul logo samsung galaxy y S5360(tombol home terletak ditengah/diantara dua tombol)

mengatasi-gagal-booting-samsung-galaxy-young aac computer1

9.Maka HP anda akan masuk dalam mode Oding tekan tombol up untuk melanjutkan ke proses Downloading seperti gambar dibawah

mengatasi-gagal-booting-samsung-galaxy-young aac computer2

10.Sambungkan HP anda dengan PC menggunakan kabel usb
11.Lihat pada Oding apakah sudah terdeteksi seperti dibawah ini jika belum coba cabut kabel usb kemudian pasang kembali hingga terdeteksi seperti gambar dibawah ini

Odin3

12.Setelah anda mengikuti semuanya yang terakhir anda tinggal klik start pada Oding.

13.Tunggu hingga proses selesai dan HP akan reboot otomatis.

Catatan Sedikit : Untuk yang sudah berhasil diflash tapi blank putih saat pertama(tidak muncul tulisan Galaxy Young) bisa diflash lagi dengan cara yang sama tapi tidak menggunakan Firmware yang disediakan diatas(DXLC1) tetapi menggunak firmware versi terbaru(DXMI1 atau yang lebih baru lagi) bisa dicari sendiri melalui perantara search engine Google.

Demilian semoga bermanfaat.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: