cara memperbaiki katrit yang ngadat


alat sedot tinta  aac computer

Cara memperbaiki katrit printer yang ngadat, mbleber/ngeplak, gambar goyang, gambar garis-garis dan tidak bisa mencetak, bagaimana cara memperbaikinya. sebelum kita memperbaikinya kita harus melihat seberapa parah katrit yang akan kita perbaiki, katrit yang sering terjadi keruskan adalah pada printer jenis canon dan HP, karena kepekaan dan kepadatan pada gabus penampung tinta yang berbeda dengan katrit merek lain, maka sering terjadi kerusakan yang disebabkan hampir 90% terjadi karena user / pemakai bisa berbagai sebab baik karena jarang dipakai, diforsir, atau yang lainnya. kali ini akan kita coba bahas cara memperbaikinya dengan menggunakan beberapa alat sederhana dan juga melalui claining. yang sudah saya praktekan dan lumayan berhasil 80% katrit bisa normal kembali. kita langsuung pada pembahasanya,

1.Cara memperbaiki dengan cara mengcleaning. cara ini bisa kita coba pada kerusakan tingkat ringan biasanya karena katrit masuk angin dan tinta kering karena printer dimodif menggunakan sistem infus dan tingkat kekeringan tidak parah, cleaning juga bisa digunakan untuk memompa katrit yang tersumbat karena ada tinta yang mengering atau tinta yang kepenuhan bila kita mengisinya dengan menggunakan suntikan,

2.Cara merendam katrit dengan menggunakan air panas / direbur dengan suhu jangan terlalu panas dan jangan terlalu lama, kurang lebih 1-5 menit saja, cara ini digunakan karena tingkat kerusakan katrit sudah lumayan parah fungsinya adalah untuk mencairkan tinta yang mengering pada katrit. cara ini kadang-kadang hanya berhasil 50% dan hasil cetak belum 100% sempurna. tapi bila kita gunakan untuk mencetak terus menerus biasanya akan normal kembali tergantung kerusakannya.

3.Cara yang selanjutnya adalah menggunakan Toolkit Refill adalah alat yang digunakan untuk menyedot tinta dengan tingkat keberhasilan hampir 80% berhasil. karena dengan menggunakan Toolkit Refill ini tingkat membersihkan tinta dari katrit cukup efesien dibanding dnegan menggunakan cara cleaning menggunakan sofware bawaan pada printer. dan harganya juga lumayan murah kurang lebih hanya Rp. 40-60 Rb. saja.

4.Cara selanjutnya adalah cara pada tingkat kerusakan pada katrit yaitu tingkat lanjut tingkat sangat parah bila sudah menggunakan 3 cara diatas belum berhasil, dengan cara mencuci kabus katrit yang fungsinya untuk menampung tinta pada katrit. caranya kita harus membuka terlebih dahulu Katrit itu dengan cara mencongkel dengan menggunakan obeng min yang kecil. sebelum kita congkel kita oles-oleskan katrit pada posisi sambungan / lem dengan menggunakan minyak kayu putih setelah itu kita ketok2 secara perlahan mengunakan obeng hati-hati jangan sampai rusak chipnya. setalah kebuka, cuci kabus sampai bersih kemudian jemus sampai kering dan pasang kembali menggunakan lem. agar rapat kembali.

demikian semoga bermanfaat

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: