DIBALIK MANFAAT, ADA RUGI MANDI AIR HANGAT


mandi air hangat

Aktifitas menyenangkan ternyata tak selamanya memberikan manfaat yang baik bagi kondisi tubuh kita. Banyak orang menyukai aktifitas dan kecenderungan untuk melakukannya kembali sangat besar.
Salah satu Contohnya adalah mandi air hangat. Tak bisa dipungkiri mandi air hangat memang mempunyai khasiat/manfaat bagi tubuh kita. Apalagi apabila kita melakukannya dalam keadaan tubuh kita lelah sekali. Tapi apakah anda tahu kalau ternyata mandi air hangat ini ternyata mempunyai dampak yang negatif juga buat tubuh kita? Berikut ulasan dari beberapa Kerugian Mandi Air Hangat Secara Rutin

1.Memperbesar Pori – pori Kulit

Untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak, mandi hangat memang dapat membantu.
Namun, bila Anda tidak menutup kegiatan mandi air hangat dengan air dingin,
Maka pori-pori Anda akan membuka dan semakin lebar, yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.

2.Menurunkan Kualitas Sperma

Berendam atau mandi dengan air hangat tidak baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma.
Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).

Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin. Inilah sebabnya mengapa testis terletak di luar tubuh manusia, yaitu di dalam skrotum.

3.Membahayakan Janin

Mandi air hangat sebenarnya tidak bermasalah untuk ibu yang sedang hamil, tapi yang perlu diperhatikan adalah suhunya. Bila suhu air terlalu tinggi maka kegiatan mandi tersebut bisa membahayakan Bayi. Suhu yang tinggi terutama di awal-awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada keturunan yang dilahirkan.

Namun pada dasarnya mandi air hangat tersebut sesekali memang tidak apa-apa untuk dilakukan.
Karena mandi air hangat juga Bermanfaat:

1.Sembuhkan Batuk
Menghirup uap panas selama 10-15 menit bisa membantu kita menghilangkan phlegm, yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat kita batuk. Makanya, mandi air panas bisa membantu menyembuhkan batuk.

2.Hilangkan Stres dan Insomnia
Mandi air panas membuat kita merasa santai, meringankan sakit dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Makanya, mandi air panas bisa membantu menghilangkan stres dan membuat kita tidur lebih mudah.

3.Obati Migrain
Penyebab kita sakit kepala atau migrain adalah karena peredaran darah ke kepala kurang lancar. Karena air panas bisa membuat peredaran darah kita lancar, secara otomatis juga bisa mengurangi sakit kepala kita.

4.Membantu Menghindari Kulit Kering
Kalau cuaca dingin, kulit kita sering banget jadi kering dan pecah-pecah. Untuk menghilangkan itu, kita biasanya menggunakan pelembab atau pun body lotion. Tapi, sebaiknya sebelum itu, kita mandi air panas dulu, karena akan membuka pori-pori kulit dan memaksimalkan kerja pelembab atau body lotion.

5.Mengeluarkan Racun
Mandi dengan air bersuhu antara 32-35 Celcius dapat membuka pori pori yang dapat membantu mengeluarkan Racun Toksin dalam tubuh.

6.Dapat Menyembuhkan Sakit Otot / Pegal
Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma, sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air panas secukupnya sehingga melewati pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti minyak lavender, peppermint atau lemon. Bilas dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama 10-20 menit.

7.Efek Panas Menyebabkan Pelebaran Pembuluh Darah
meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Cipratan airnya pada tubuh pun akan terasa seperti pijatan, sehingga tubuh akan merasa lebih relaks. Para pakar pengobatan alternatif bahkan menyatakan, bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, Akan memperoleh khasiat ion-ion negatif.
*Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen
Ion negatif dalam aliran darah akan mempercdpat pengiriman paket oksigen ke dalam sel dan jaringan. Mandi menggunakan shower di rumah pun mempunyai efek menghasilkan ion negatif

TIPS AMAN MANDI AIR HANGAT
-.Air yang digunakan Jangan Terlalu Panas.
Suhu air hangat yang dipakai berkisar 40-50 derajat celcius.
-.Cek air mandi apakah tidak terlalu panas
Caranya celupkan telapak tangan dan rasakan apakah kulit terbakar atau tidak.Jika kulit terasa nyaman berarti hangatnya sudah cukup.
-.Sebelum menggunakan air hangat,mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit Kemudian baru disiram dengan air hangat. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.
-.Jangan Dilakukan Setiap Hari
Karena dapat mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.

Demikan semoga bermanfaat

Sumber :
1.Baca selanjutnya di sini
2.Baca selanjutnya di sini
3.Baca selanjutnya di sini

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: