Berhasil Kalahkan Samsung, Apple kini Menjadi Raja Smartphone Dunia


Di segmen smartphone, dalam beberapa tahun terakhir nama Samsung menjadi brand yang tidak terbantahkan. Produk asal Korea Selatan tersebut berhasil menjadi penguasa pasar smartphone dunia dalam beberapa tahun terakhir. Namun kini, menurut laporan dari Gartner, tingkat penjualan smartphone Samsung berhasil dikalahkan oleh Apple.

Data tersebut diambil dari data pada kuartal keempat di tahun 2014. Mereka mengungkapkan kalau di kuartal tersebut Apple berhasil menjual sebanyak 74,83 juta unit smartphone. Angka itu sedikit lebih banyak dibandingkan Samsung yang terpaksa harus melorot ke posisi kedua dengan jumlah penjualan smartphone sebanyak 73,03 juta unit.

Keberhasilan dalam mengalahkan tingkat penjualan smartphone Samsung ini menjadi yang pertama kalinya bagi Apple sejak tahun 2011. Terlebih di tahun sebelumnya, tingkat penjualan kedua perusahaan berbanding sangat jauh. Pada kuartal keempat tahun 2013, Samsung menjadi raja smartphone dunia dengan angka penjualan 83,3 juta unit. Sementara itu Apple berhasil menjual sebanyak 50,2 juta unit smartphone.

data-smartphone-2014_1

Namun yang perlu menjadi catatan, angka penjualan tersebut tercatat hanya pada tiga bulan terakhir di tahun 2014. Secara keseluruhan, di tahun 2014 Samsung masih menjadi perusahaan smartphone nomor satu dunia dengan jumlah total smartphone yang berhasil dijual mencapai angka 392,5 juta unit. Sementara itu Apple berada di posisi kedua di susul Microsoft dengan angka penjualan masing-masing 191,4 juta unit dan 185 juta unit.

data-smartphone-2014_2

Dalam data ini terungkap juga mengenai pencapaian besar yang diperoleh Xiaomi. Nama Xiaomi menurut data dari Gartner muncul di posisi kelima produsen smartphone dunia dan berhasil menjual sebanyak 18,5 juta unit smartphone. Angka tersebut meningkat drastis dibandingkan tahun 2013, pada saat mereka hanya berhasil menjual sebanyak 5,5 juta unit ponsel.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: