Bagaimana cara menghapus virus Shortcut


Shortcut-virus2

Beberapa hari yang lalu saya banyak menerima ‘custemer’ yang terkena virus (worm tepatnya). Laptop dan flashdisk ternyata banyak yang terkena virus, yang setelah dicek, ternyata semuanya virusnya sejenis. Semua data di flashdisk juga tidak bisa dibuka atau tiba-tiba ‘hilang’ dari tampilan alias kosong.

Ketika USB flashdisk dimasukkan ke komputer yang terkena virus ini, langsung saja semua data di flashdisk tersebut berubah menjadi shortcut dan data didalamnya ‘hilang’. Setelah di periksa ternyata semuanya terkena virus (worm) yang identik (sama), yaitu sebuah script kecil yang merupakan kode program dalam bahasa Visual Basic (tepatnya Visual Basic Script atau VBS).
Nama worm ini berubah-ubah dan menggunakan nama acak, misalnya arejwygjro..vbs, uwpkhsaqup..vbs dan lainnya. Ketika virus ini sudah berjalan di komputer, maka begitu ada flashdisk yang dimasukkan, semua file dan folder didalamnya akan disembunyikan (hidden), dan akan diganti dengan shortcut yang namanya sama dengan nama file dan folder isi flashdisk tersebut, sehingga bagi yang kurang jeli merasa flashdisknya aman-aman saja.

Semua shortcut yang ada di flashdisk jika dijalankan (klik 2 kali), maka sebenarnya akan menjalankan file vbs (worm atau virusnya) yang sudah dicopykan sebelumnya dan komputer akan terinfeksi virus ini. virus ini akan otomatis berjalan (senantiasa aktif) ketika windows dinyalakan dan akan menulari flashdisk baru ketika dimasukkan.

Bagaimana cara untuk mengetahui flasdisk kita terkena virus ini :
1. Apa bila data pada flasdisk kita setelah disambungkan kekomputer/laptop berubah menjadi shortcut. Ini sudah jelas pasti flasdisk kita kena virus ini.
2. Data akan hilang bila falsdisk kita. dsambungkan ke komputer/laptop.
3. Install anti virus pada komputer/laptop kita nanti dengan sendirinya antivirus akan mendeteksi virus yang ada diflasdisk yang kita sambungkan ke komputer/laptop kita.

Bagaimana cara membasmi virus ini dan mengembalikan data yang telah terhiden/disembunyikan oleh virus ini cukup mudah, kita hanya menggunakan antivirus lokal buatan indonesia juga sudah beres dalam waktu beberapa menit saja. Install Smadav bisa download dsini setelah selesai download install dan scan full flasdisk, komuter / laptop tunggu sampai selesai proses scaning dan nanti akan muncul pesan bahwa komputer kita dalam keadaan bahaya terkena virus. Klik ok dan tekan tombol bersihkan/FIX ALL dan Result tunggu sampai proses selesai. Dan coba buka flasdisk kita data akan kembali normal seperti semula. atau klik Smadav

SMADAV

Demikian semoga bermanfaat.

Iklan

5 Responses to Bagaimana cara menghapus virus Shortcut

  1. Untuk menghapus induk dari virusnya itu sendiri gimana ya? karna kalau pakai smadav yang dihapus cuma induk yang di flashdisk aja, sementara yang di kompt belum ilang.Barang kali ada yang bisa berbagi? ^_^

    Suka

  2. aac computer berkata:

    Thank you for visiting my blog and commenting is very helpful for me to better

    Suka

  3. Very aspect of material. I simply discovered your blog site and in accession investment capital to talk about we purchase in truth experienced bank account your blog content. Anyway I’ll be subscribing to the for or perhaps My spouse and i completion you will get suitable associated with permission to access continuously quick Rival Knights Cheat.

    Suka

  4. Watch Online berkata:

    My spouse and I absolutely love your blog and find most of your post’s
    to be precisely what I’m looking for. Does one offer guest writers to write content in your
    case? I wouldn’t mind composing a post or elaborating on a number of the subjects you write about here.
    Again, awesome blog!

    Suka

%d blogger menyukai ini: