Persilangan antara Mentok dan bebek


IMG_20141231_064305

Persilangan antara Mentok dan bebek apa yang akan terjadi tentunya kalau yang belum tau akan bingung, dalam hatinya apakah bisa mentok dan bebek bisa kawin silang. tentu saja bisa.bebek dan mentok adalah hewan yang merupakan termasuk golongan hewan yang sejenis. bila di kawin silangkan akan menghasilkan bebek yang menyerupai mentok dan mempunyai fisik yang besar. bebek dan mentok adalah hewan yang tergolong mudah dipelihara dan diternakan, makanpun pakannya pun sangat mudah. mentok termasuk hewan pemakan segala apapun akan dimakan dan rakus.

mentok dan bebek adalah hewan yang suka dilingkungan yang berair atau banyak air karena sesuai dengan bentuk tubuhnya. bentuk paruh tumpul dan tidak tajam. paruh mentok atau bebek yang mempunyai bentuk tumbul dan juga dilengkapi sebuah penyaring yang berfungsi untuk menyaring kotoran apa bila bebek atau mentok mencari makanan ditempat yang kotor atau berlumpur. dan bentuk kaki berbeda dengan ayam dan kakinya mempunyai selaput yang berfungsi agar bebek atau mentok bisa berjalan diatas lumpur karena sesuai dengan kebiasaan hidupnya yang lebih suka hidupnya ditempat yang banyak air. seperti dekat rawa-rawa, sawah.

Bagaimana cara memelihara dan merawatnya Adalah sangat mudah dan tidak begitu sulit. karena bebek dan mentok tahan terhadap hama atau virus yang biasa menyerang unggas seperti ayam, burung atau yang lain. kita hanya menyiapkan tempat kita tidak perlu membuat kandang seperti ayam yang harus mengeluarkan banyak biaya kita hanya membuat pagar bisa dari bambu ataupun beton atau yang lainya juga bisa yang penting tertutup. pagarpun tidak perlu tinggi-tinggi bisa 1 meter tingginya atau lebih juga bisa. jangan lupasediakan tempat berteduh dan air karena mentok dan bebek suka minum, air untuk minum bisa menggunakan bokor dari plastik, harus sering diganti kalau bisa diganti tiap pagi dan sore. jaga kebersihan.

Makanan mentok dan bebek makanan mentok dan bebek bisa menggunakan sayur bekas, eceng gondok, nasi basi, keong sawah dan dedak kalau pengin bagus lagi campur kosentrat yang bisa dibeli ditempat penjual makan ternak.

Gambar diatas itu adalah hasil persilangan yang aku coba antara mentok dan bebek. yang hasilnya perpaduan mentok dan bebek. gambar mentok yang ada diatas umurnya masih muda kurang lebih sekitar 3 – 4 bulan. dan masih bisa tumbuh lebih besar lagi.

Kendala dalam memelihara mentok dan bebek adalah bila sistem kandang terbuka bila umur mentok masih kecil mudah terserang penyakit, hama tikus tikus adalah hama yang sangat menggangu karena tikus sangat suka makan anak bebek dan mentok bila masih kecil. usahakan bila memelihara masih kecil ditempat yang aman bisa dibok atau kandang kecil. tetapi kalau mentok udah umur 1 -2 bulan lebih kira-kira mentok sudah berani melawan tikus mentok sudah aman untuk dipelihara diluar atau tempat terbuka.

kalau kandang tertutup pastinya akan lebih aman gangguan tikus bisa diminimalisir. tentunya kandang harus bersih dan kena sinar matahari.

demikian semoga bermanfaat.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: