manfaat buah delima bagi tubuh kita


delima

Untuk Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung

Kandungan dan Manfaat Buah Delima

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Delima – Delima yang memiliki nama latin Punica granatum L ini ialah tanaman dari famili Punicaceae yang tersebar di berbagai daerah subtropik sampai tropik. Di Indonesia juga banyak ditemukan delima dengan sebutan yang beragam untuk tiap-tiap daerahnya. Di Aceh misalnya, disebut dengan glima, di Batak dengan dalimo, Sunda dengan dalima, Sasak dengan jeliman dan masih banyak lagi.
Tumbuhan Delima menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.
Macam-macam Buah Delima
Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Perbanyakan dengan setek, tunas akar atau cangkok. Pome atau delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus atau sari buah. Untuk membuat jus delima sebaiknya diminum dengan bijinya karena di dalam biji banyak terkandung senyawa polifenol.
Kandungan Buah Delima
Ada banyak kandungan zat di dalam buah delima ini seperti granatin, betulic acid, ursolic acid, elligatanin, resin, kalsium oksalat, maupun juga pati, dan di dalam kulit akar dan kulit kayunya mengandung 1% senyawa alkaloid, 20% elligatanin, metilpelletirine, pseudopelletierine, dan lainnya.
Sedangkan pada daun tanamannya mengandung kalsium oksalat, lemak, sulfur, tanin, dan alkaloid. Delima telah banyak digunakan untuk menyembuhkan aneka macam penyakit oleh masyarakat secara tradisional. Mari kita perhatikan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh khasiat dari Delima ini.
Khasiat dan Manfaat Buah Delima
1. Manfaat Buah Delima untuk Mengatasi Osteoarthritis
Buah Delima memang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit seperti aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri dan tulang rawan dan sendi ini dapat disembuhkan dengan makan buah ini. Selain itu, delima juga mampu mencegah pembentukan enzim yang dapat menghancurkan jaringan ikat.
2. Khasiat Buah Delima untuk Mengatasi Masalah Jantung
Asupan jus buah delima dapat mempertahankan aliran darah dalam tubuh untuk tetap normal. Oleh karena itu buah ini sangat manfaat dalam mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sifat antioksidan yang terkandung dalam buah ini membantu untuk menjaga kolesterol jahat dan menjaga arteri agar terbebas dari gumpalan. Dengan demikian peredaran darah akan tetap lancar dan kesehatan paru paru kita pun akan tetap sehat.
3. Manfaat Buah Delima untuk Mengatasi Animia
Untuk mempertahankan aliran darah yang sehat kita dapat mengkonsumsi buah delima dengan cara apa pun. Kandungan zat besi yang dimiliki oleh buah delima dapat mengurangi gejala anemia, seperti kelelahan dan pusing.
4. Manfaat Buah Delima untuk Mengatasi Kanker
Delima terdiri dari tingkat tinggi antioksidan yang disebut flavenoids. Flavenoids ini dianggap efektif dalam menangkal berbagai penyakit kanker. Orang-orang yang menghadapi risiko kanker prostat dan kanker payudara harus mulai minum jus buah ini, karena hal ini akan membantu mereka untuk mengurangi resiko berkembangnya kanker lebih lanjut . Mengkonsumsi buah delima secara rutin dapat mengurangi kadar PSA dalam tubuh dan membantu untuk melawan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh.
5. Khasiat Buah Delima untuk Mengatasi Gangguan Perut
Kulit Delima dan daun bisa digunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah disentri dan kolera.
6. Khasiat Buah Delima untuk Perawatan Gigi
Manfaat terbaik dari jus delima untuk perawatan gigi adalah bahwa buah delima memiliki bahan anti bakteri dan antivirus yang dapat membantu untuk mengurangi efek plak pada gigi.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: