Bagaimana cara mendidik anak agar rajin sholat


Bismillah
Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bagaimana agara anak kecil itu rajin sholat dan taat dalam menjalankan sholat. tentu tidaklah mudah mendidik anak agar selalu rajin untuk menjalankan ibadah sholat dan biasanyya anak-anak tidak mau menjalankan sesuatu kegiatan yang tidak disukai oleh anak-anak. agar seorang anak mau menjalankan sholat tentunya yang pertama harus dilakukan adalah mendidik dari kecil itu akan lebih baik dari pada mendidik anak untuk sholat yang sudah besar dan itu pasti akan mengalami kesulitan dari pada mendidik anak – anak dari kecil dididik untuk menjalankan ibadah sholat. dan kalau dididik dari kecil nantinya setlah besar tidak perlu lagi kita menyuruh anak-anak kita untuk mengerjakan sholat lagi otomatis anak tersebut akan menjalankan sendiri setelah mendengarkan azan dikumandangkan pasti langsung pergi kemasjid untuk menjalankan ibadah sholat. bagaimana cara mendidiknya agar anak kita mau menjalankan ibadah sholat. caranya adalah :

  1. Yang pertama kita didik anak kita dari kecil usia 3 tahun itu akan lebih baik. kita sering ajak anak kita pergi kemasjid setiap kita menjalankan ibadah sholat. ya walaupun kadang kadang anak kecil yang akan rewal atau berisk. pastinya akan menggangu orang yang sedang menjalankan sholat. tapi kalau bisa dikondisikan.
  2. Yang kedua kita ajarkan cara-cara sholat pada waktu anak kita masih kecil dan mengajarkan bahwa pentingnya ibadah sholat dan apa konsekwensinya bila meninggalkan ibadah sholat, dan juga melaksanakan ibadah sholat jangan karena dipaksa oleh orag tua tapi ini karena Allah.
  3. Yang ketiga kita tegur dengan baik-baik dan juga menasehati bila anak kita dimasjid berisik / bermain-main dalam sholatnya. dan mengajarkan pe,batal-pembatal sholat.
  4. Dalam mengajarkan sholat harus sabar dan jangan dengan marah-marah pasti hasilnya tidak akan baik.

Apabila kita mendidik anak yang sudah terlanjur sudah besar baru kita ajarkan sholat pastinya akan mengalami kesulitan-kesulitan biasanya anak yang sudah besar akan melawan dan membantah bila kita menyuruhnya untuk melakukan ibadah sholat. Insya Allah walaupun sudah besar kita bisa mendidiknya tapi harus dengan ekstra sabar. untuk mengajak anak kita agara menjalankan ibadah sholat. bagaimana caranya agar kita bisa menyuruh anak kita menjalankan ibadah sholat.

  1. Cara pertama yang pertama harus kita lakukan adalah mengajarkan betapa pentingnya dan apa hukuman bagi yang meninggalkan sholat.
  2. Cara yang kedua Jangan dengan kekerasan dan jangan sekali-kali kita menyuru anak untuk menjalankan sholat dengan marah-marah tapi dengan perkataan yang lembut dan kasih sayang terhadap anak.
  3. Cara ketia kiat sebagai orang tua harus selalu mengingatkan waktu-waktu sholat dan bila anak kita upa belum melakukan sholat maka segera ingatkan dan suruh segera menjalankan ibadah sholat tapi dengan perkataan yang lembt dan jangan marah-marah tentunya.
  4. cara keempat adalah kita sama anak jangan seperti seorang guru yang mengajarkan sesuatu kepada muridnya tapi anak kita kita seperti teman itu akan memudahkan kita dalam menyruh anak untuk melakukan semua hal.
  5. Cara kelima adalah kita harus selalu sabar dalam semua hal dalam mendidik anak. itu adalah kuncinya.

Demikian semoga bermanafaat

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: