Cara Jadi Orang Sukses ala Bob Sadino, Tidak Menarik!


Siapa yang tidak kenal pengusaha nyentrik yang satu ini. Pasti ada ya…namanya juga dunia dualitas. Ada yang mengenal Bob Sadino tentu ada juga yang tidak mengenalnya. Bob Sadino adalah salah satu orang ‘unik’ yang perjalanan hidupnya sarat akan pembelajaran yang bisa dikaji buat kemanfaatan banyak orang. Salah satunya adalah cara jadi orang sukses ala Bob Sadino.

Cara Jadi Orang Sukses ala Bob sadino, Tidak menarik!
Bagi anda yang hanya membuka pintu untuk hal-hal yang menyenangkan dan menutup rapat-rapat pembelajaran dari hal-hal yang tidak menyenangkan pasti tidak akan tertarik dengan cara yang di sampaikan Bob Sadino. Bagaimana anda mau tertarik wong untuk jadi orang sukses anda harus mengalami kegagalan sebanyak-banyaknya. Bagaimana mau tertarik wong kita disuruh tidak usah punya tujuan dan rencana. Karena rencana bagi Bob Sadino adalah bencana.

Buat Bob Sadino tai kucing dengan yang namanya kerja keras atau disempurnakan menjadi kerja cerdas. Sekolah formal juga tidak baik buat calon wirausahawan. Karena sekolah formal mengajarkan sesuatu yang basi!? Bob Sadino juga berbisnis untuk mencari rugi. Dan saya yakin jika anda mengikuti semua cara suksesnya Oom Bob pasti anda pusing tujuh putaran!
So masihkah anda tertarik dengan cara menjadi orang sukses ala Bob Sadino?!

Jika tetap tertarik silakan lanjutkan membaca artikel ini. Dan seandainya cara sukses ala Oom Bob ini tidak menarik buat anda jangan berlama-lama dan buang-buang waktu segera tutup kembali artikel ini!
Mari kita lihat satu persatu cara suksesnya Bob Sadino yang nyeleneh itu.

Dalam perjalanan menuju kesuksesan tidak perlu punya tujuan
Lho saya memilih tidak punya tujuan, kenapa anda yang keberatan? Begitu sanggahnya ketika seorang wartawan menanyakan tujuannya sebagai pebisnis.

Tidak masuk akal Oom kalau tidak punya tujuan…kejar si wartawan lagi. Kenapa tidak masuk akal? Buktinya saya bisa, tanpa tujuan. Penolakan si wartawan terhadap pendapat Oom Bob dikatagorikannya sebagai salah satu belenggu hidup. Belenggu seperti ini biasanya berasal dari ilmu manajemen yang mengatakan setiap orang dan organisasi harus menentukan sebuah tujuan sebelum melangkah dan bertindak. Saya bilang nonsense…kata Oom Bob!!

Dengan adanya tujuan, maka seseorang hanya tertuju pada satu titik yang namanya tujuan. Dia tidak akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang melebihi titik tersebut. Padahal potensi setiap orang sangat mungkin melewati titik tersebut. Jadi sayang dong kemampuan saya, bila harus dipaku oleh tujuan. Maka, Oom Bob memilih tidak punya tujuan.

Kedua tidak usah bikin rencana-rencanaan karena rencana adalah bencana
Menurut Bob Sadino, rencana hanya berlaku bagi orang yang belajar manajemen. Ia beranggapan bahwa rencana itu linier dari A, B, C, D, sampai Z. Sedangkan dalam hidup atau bisnis, jalannya berkelok-kelok, tidak ada yang lurus dan terlalu urut. Sayangnya, rencana-rencana itulah yang diajarkan di sekolah. Padahal, menurutnya, rencana adalah “racun” yang akan merusak otak.
Ia membiarkan hidupnya mengalir seperti air, tanpa tujuan dan rencana. Sebab, ia berpikir bahwa jika ia memiliki tujuan dan rencana dalam hidupnya, ia akan terbebani oleh tujuan dan rencana tersebut.

Janganlah mencari untung dalam bisnis tapi carilah rugi!?
Dalam bukunya “Belajar Goblok Dari Bob Sadino” Oom Bob mengatakan bahwa ia menjalankan bisnisnya dengan tujuan mencari kerugian. Suatu hal yang sama sekali tidak masuk akal buat orang kebanyakan. Dimana ada orang mau berbisnis dengan tujuan rugi. Dari jaman kuda gigit besi sampai jaman kuda gigit french fries orang-orang berbisnis pasti mencari untung.

Kenapa orang beranggapan seperti itu? Menurut Bob Sadino kebanyakan orang sudah terbelenggu oleh pikirannya sendiri. Dia dibelenggu begitu kuat untuk berpikir dalam zona nyaman dan linear. Coba simak ilustrasi berikut ini, begitu pembelaan Oom Bob dalam bukunya: Di depan anda ada sebuah gelas berisi air yang sudah diteguk setengah isinya. Pertanyaannya apakah gelas itu setengah isi atau setengah kosong? Mungkin kebanyakan jawaban anda setengah isi, sementara yang lainnya menjawab setengah kosong atau anda menjawab bisa setengah isi bisa setengah kosong.

Sekarang jawab pertanyaan ini, orang berbisnis mencari apa? Sebahagian besar pasti mencari untung. Lalu pertanyaannya apakah orang berbisnis selalu untung? Tentu tidak, kadang-kadang bisa rugi juga toh!? Kembali ke laptop [gelas tadi]. Berarti jawabannya bisa setengah isi bisa setengah kosong. So kalau begitu ketika berbisnis pun boleh dong orang mencari untung atau mencari rugi. Karena peluangnya selalu terbuka untuk kedua kemungkinan tersebut. Jadi kenapa anda bilang kalau saya berbisnis mencari rugi tidak masuk akal? Ujar Oom dengan senyum manisnya.

Jangan jadi orang pintar kalau tidak mau kepintaran anda akan mengoblokkan anda

Orang goblok biasanya lebih berani dibanding orang pintar. Kenapa? Karena orang goblok sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Nothing to lose. Sebaliknya orang pintar terlalu banyak pertimbangan. Tak jarang saking banyaknya ia membuat pertimbangan sampai-sampai tidak bertindak-tindak. Sukses butuh orang-orang yang berani terlebih lagi berani mengambil tindakan. Coba pelajari apa yang dilakukan orang-orang yang sudah sukses mereka semua adalah orang-orang yang bernyali.

Jangan sekolah tinggi-tinggi kalau mau cepat sukses jadi pengusaha
Kampus ada tempat dimana setiap siswa didalamnya mendapat teori dan informasi yang diinventarisir. Informasi itu sendiri adalah suatu story yang telah terjadi beberapa saat lalu, bulan lalu bahkan beberapa tahun lalu. Dan kalau saja informasi itu dianalogikan sebagai makanan tentu itu sudah usang dan basi. Informasi adalah makanan yang busuk. Otak hanya diisi dengan makanan busuk atau sampah.
Kampus mengajarkan kita utk tahu, jalanan mengajarkan kita untuk bisa!

Carilah kegagalan sebanyak-banyaknya
Sebagian mungkin akan mengerutkan kening membaca cara sukses yang satu ini. Koq bisa begitu? Memang begitulah sesungguhnya. Buat Bob Sadino, kalau anda mau berhasil ya carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. Karena sukses itu hanyalah sebuah titik di puncak segunung kegagalan.
Kebanyakan orang menghindari kegagalan dan dicarikan jurus anti-nya. Sekolah mengajarkan agar semua muridnya menghindari kegagalan. Hukum ekonomi pun menyebutkan resiko sekecil-kecilnya untuk untung yang sebesar-besarnya. Padahal semakin banyak kegagalan justru kemungkinan untuk berhasil kian besar. Oom Bob justru memilih resiko sebesar-besarnya ujarnya penuh optimis.

Tidak pake syarat-syaratan, jadi pengusaha tidak harus begini tidak harus begitu
Gobloknya orang pintar menurut Oom Bob membuat syarat ini dan itu untuk menjadi seorang pengusaha. Bagi pria nyentrik ini pengusaha harus bebas tekanan, merdeka, terserah mau kemanapun dia melangkah. Tidak boleh ada syarat tegas Bob Sadino. Tidak boleh ada kata “HARUS”. Harus begini dan harus begitu. Harus punya ini dan punya itu.

Jangan mencari pasar tapi ciptakan!
Kebanyakan dari kita yang mau berbisnis selalu mencari pasar, mencari apa yang sedang trend tidak begitu halnya dengan Bob Sadino. Pasar koq dicari katanya, pasar itu tidak dicari melainkan harus diciptakan. Kalau mau jadi market leader, seorang pengusaha harus mampu menciptakan pasar, dijamin dia akan menjadi penguasa pasar yang diciptakannya tersebut. Kalau hanya jadi follower pasti akan lebih susah menjadi pemimpin pasar.
Menurut Oom Bob keberanian menciptakan pasar menjadi kunci untuk keberhasilan menghadapi ketatnya persaingan bisnis. Sayangnya hanya segelintir orang yang punya keberanian untuk menciptakan pasar.
Terima kasih sudah membaca artikel “Cara Jadi Orang Sukses ala Bob Sadino“ semoga kesuksesan menyertai anda dalam banyak hal!____salam bijak palsu!

sumber: kompasiana

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: