manfaat teknologi dan sistem informasi


Bismillah

Assalamu’alaikum wr. Wb

Teknologi Informasi dan Kumunikasi. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Teknologi informasi dan komunikasi atau yang biasa disingkat TIK itu sangatlah berperan penting buat kehidupan manusia. Selain sebagai sebuah Media Informasi, mempercepat komunikasi, TIK juga dapat membantu meringankan urusan-urusan kita dalam menyelesaikannya.

Di bawah ini ada beberapa peranan sangat penting dan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang kehidupan manusia dan banyak membantu mempermudah semua kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia:

1. Bidang Penerbangan
• Mengatur jadwal penerbangan ( flight scheduling ).
• Mengatur pergantian jadwal terbang dengan mendadak ( itinerary change ).
• Mengatur sistem penjualan tiket serta reservasi penerbangan ( real time reservation ).
• Mengatur sistem komunikasi pada pilot-pilot pesawat tentang apa yang perlu dikerjakan ( flight progress checks ).

2. Bidang Perbankan
• Mengatur service rekening pada nasabah.
• Sediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri ( ATM ). dengan perangkat ini, pihak bank bisa berikan kemudahan pada nasabah untuk lakukan transaksi meskipun pada waktu libur.

3. Bidang Perdagangan
• Sediakan sistem jaringan yang terkoneksi melewati alat bantu scanner ( pemindai ).
• Sediakan alat bantu customer untuk lakukan pengecekan harga.

4. Bidang Perkantoran
• Sediakan mesin penjawab telephone dengan otomatis.
• Sediakan alat pengolah kata dengan mesin komunikasi berbentuk teleks serta faksimile.

5. Bidang pendidikan
dibidang pendidikan peranan teknologi juga sudah mulai banyak dipergunakan diantaranya adalah untuk mempermudah siswa/mahasiswa untuk mencari bahan-bahan mata pelajaran/mata kuliah yang belum ada dibuku kemudian bisa di cari melalui internet.

7. Bidang kesehatan
Dibidang kesehtan juga sekarang sudah mulai banyak dipergunakan teknologi informasi yang sangat membantu bagi para dokter untuk menganalisis suatu penyakit / seberapa parah penyakit yang diderita oleh pasien. Dengan cara Ronsen/yang lain sehingga dokter dengan mudah mendeteksi penyakit yang diderita oleh pasien.

8. Pemerintah dan Militer
Pemerintah Indonesia juga sudah mulai menggunakan teknologi informasi melalui pembuatan KTP Eektrik. Fungsinya untuk mencegah double KTP/pemalsuan. Kejahatan yang dilakukan warga/warga sehingga dengan mudah mendeteksi dimana kejahatan yang dilakukan oleh warga Indonesia/dunia. Sedangkan di militer sudah dari dulu menggunakan teknologi informasi yang berguna untuk mengetahui posisi keberadaan musuh baik pesawat, kapal maupun angkatan darat. Sehingga bisa terdeteksi dengan mudah. Sedangkan dalam persenjataan bias digunakan untuk posisi penembakan sebuah rudal/roket baik dari kapal, pesawat maupun darat sehingga proses penembakan tepat sasaran dan tidak meleset. Dengan jarak yang sangat jauh. Hingga ratusan kilometer. Dan tepat sasaran. Hanya menggunakan satu buah rudal/roket.

9. Rumah Masa Depan
Fungsi tik didalam rumah masa depan yang berdasar pada home automation yaitu ketersediaan alat pemantau bahaya yang bisa memberitahukan pencurian, kebakaran, serta kebocoran gas. alat ini berperan dengan otomatis serta diperintah melalui saluran telephone.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca

Wassalamualaikum warohmatullohiwabarakatuh.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: