tanda-tanda komputer terinfeksi virus


Kali ana akan membahas tentang beberapa tanda-tanda komputer/laptop kita mengalami serangan virus / sofware yang bersifat jahat yang berfungsi mengganggu kinerja komputer kita. baik yang berfungsi untuk menyusup, yang berfungsi untuk mengetahui isi komputer/laptop kita. ini biasanya digunakan oleh seseorang yang mempunyai niat jahat untuk menyusup kekomputer/laptop orangdengan cara memasukkan sebuah sofware yang dibuat untuk tujuan memata-matai komputer seseorang sehingga dia bisa dengan leluasa memantau semua kegiataan pengguna komputer yang telah disusupi baik untuk mencuri data/yang lain atau juga komputer kita menjadi lambat/bahkan Heng tidak bisa digunakan. itu disebabkan sebuah sofware penggangu yang berisikan souce kode-kode. yang tujuannya mengganggu.

untuk itu setiap perangkat memiliki risiko terinfeksi virus, termasuk PC. Seringkali melalui koneksi internet pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan virus-virus berbahaya (malware) ke PC Anda. Meskipun Anda sudah menggunakan anti virus sebagai tindakan perlindungan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa PC Anda masih bisa terinfeksi virus.

Ya, masalahnya tidak semua pengguna menyadari akan hal tersebut. Seperti apa gejala yang muncul bila PC Anda terjangkit virus? Okezone merangkum enam gejala yang perlu diwaspadai oleh netizens (pengguna internet), seperti dilansir Dgitaltrends, Senin (24/6/2013):

Iklan Pop-up
Seringkali ketika Anda membuka berbagai situs online, berbagai iklan melalui jendela baru akan bermunculan. Misalnya, memberitahu bahwa Anda merupakan pengunjung situs kesekian dan mendapat hadiah dengan cara klik jendela tersebut untuk mengklaim hadiah tersebut. Secara tidak langsung melalui cara inilah komputer dapat terinfeksi virus.

Untuk menghilangkan virus, Anda bisa menggunakan Spybot Search & Dstroy (gratis) atau Malwarebytes Virus Removal (USD25 atau Rp24 ribuan).

Pembajakan Akun dan Pesan Tak Terkirim
Apabila komputer terinfeksi virus, maka ia menyerang piranti lunak dalam perangkat sebanyak mungkin. Akibatnya, tidak jarang Anda tidak dapat mengakses email, IM dan akun media sosial. Bahkan, dalam beberapa kasus virus tersebut mampu mengirim pesan malware dari akun Anda ke semua kontak yang terintegerasi dengan PC Anda.
Untuk mengantisipasinya, periksa pesan terkirim (outbox) dari email Anda. Jika Anda menemukan pesan terkirim yang bukan dari Anda, maka pastikan Anda mengubah password akun email tersebut.

Peringatan Lockdown
Jika Anda mendapat pesan bahwa komputer Anda telah dikunci karena adanya aktivitas illegal yang mengharuskan Anda membayar biaya untuk membukanya kembali, abaikan saja. Karena besar kemungkinan komputer Anda hanya terinfeksi ransomware (sering juga disebut sebagai pemerasan cryptoviral atau scareware) yang membatasi akses ke sistem komputer.

Kadang-kadang pesan ini bahkan tidak tampak resmi, sehingga Anda patut waspada. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menginstal anti virus, seperti AVG dan Kaspersky.

Crash, Freeze dan Slow Respond
Ini bisa terjadi karena adanya konfigurasi komputer yang buruk. Namun, bisa juga hal ini menginidikasikan komputer Anda terinfeksi malware. Jika komputer Anda secara bertahap mengalami kelambatan dalam merespon, mungkin bisa juga disebabkan karena Anda belum melakukan pemeliharaan sistem dengan rutin. Coba untuk membuka Task Manager untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan saat ini.

Fungsi Penting Tidak Bekerja
Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui program apa saja yang sedang berjalan pada komputer. Umumnya dapat dilihat dari Task Manager pada komputer atau dapat diakses dengan tekan Ctrl-alt-del untuk pengguna Windows. Sementara bagi pengguna Mac, dapat membuka Spotlight (command-spasi). Tetapi, jika Anda tidak bisa membuka layanan-layanan tersebut, maka kemungkinan besar komputer terinfeksi virus.

Untuk menanganinya, Anda perlu menjalankan program antivirus Anda.

Tidak Ada Masalah
Semakin modern virus-virus yang diciptakan, semakin kecil kemungkinan Anda dapat mendiagnosa infeksi pada perangkat. Hal ini dikarenakan, para penjahat cyber terus meningkatkan permainan mereka.

2 Balasan ke tanda-tanda komputer terinfeksi virus

  1. mukhlis mengatakan:

    lcd pc ku bergaris, apa itu termasuk virus atau kerusakan lcd ya, karena kadang hilan dan lama kemudian muncul kembali, mohon sharenya gan…….

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      yang pertama harus diperhatikan adalah untuk meyakinkan kita itu virus atau bukan kita coba dengan CPU yang lain. saya kira Itu bukan virus itu karena kerusakan LCDnya mas Mukhlis. Kalo kena virus tanda2nya biasanya Komputer Lambat, Sering Hang/crash sistem, muncul duplikat data/mucul data yang sama padahal hanya cuma satu tapi jadi banyak, muncul sourcut2, file datanya berubah/size jadi 0 kb, restart terus, tidak bisa membuka aplikasi misal corel, office atau yang lain, tidak bisa menginstal aplikasi / anti virus, tidak bisa connnect internet, tidak bisa menghapus data/kalau data udah dihapus muncul lagi, dll. masih banyak lagi cirinya. untuk lebih aman instal anti virus yang bagus, bisa pk AVG, Kapersky, Smadav atau yang lain dan terus di update anti virusnya biar lebih ampuh membantai virus yang baru. mungkin hanya itu selamat mencoba.

      Suka

%d blogger menyukai ini: