20 Cara Menghindari Kerusakan Laptop


Sekarang ini, laptop atau notebook sudah menjadi salah satu alat wajib yang dimiliki para pekerja. Apalagi bagi kamu yang bekerja secara mobile. Sama seperti benda lainnya, laptop juga memerlukan perawatan agar bisa bertahan lama.

Berikut ini adalah 20 Tips dan petunjuk untuk memperpanjang umur pemakaian laptop kamu :

1. Jauhkan laptop kamu dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang esktrim.
2. Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.
3. Menurut survey, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada hardisk dan LCD display/layer. Kerusakan hardisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.
4. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop kamu
5. Selain kerusakan hardisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum. Gunakan selembar film transparan yang disebut ‘keyboard protector’.
6. Getaran adalah musuh laptop yang lain. Jauhkan laptop kamu dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker,mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.
7. Hindarkan laptop kamu dari sinar x-ray di airport.
8. Jaga kebersihan laptop kamu, lap dengan kain bersih agar bebas debu.
9. Lindungi modem laptop kamu. modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem kamu dari kerusakan jika secara tidak sengaja kamu mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN.
10. Dalam iklim Asia, suhu yang lembab bias jadi masalah besar untuk laptop yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan masalah, pastikan laptop kamu tersimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama, simpanlah laptop dalam wadah yang rapat dan masukkan silica gel. Silica gel ini merupakan bahan kimia yang bersifat Higroskopis (menyerap uap air/kelembaban).
11. Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, dirumah kamu, dikamar hotel atau di kantor. Jika memungkinkan, gunakanlah ‘surge-protector’ jika sedang menggunakan AC outlet.
12. Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang berpergian.
13. Jika kamu ingin membungkus laptop untuk dikirim atau untuk keperluan lain, gunakanlah kotak pelindung yang kuat, dan bungkuslah dengan busa atau spons yang dapat menyerap getaran.
14. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat diatas laptop.
15. Jika laptop kamu kebetulan bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri laptop kamu. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service center terdekat.
16. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layer, angkatlah pada bagian bawah/keyboard.
17. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Kamu harus memegang compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.
18. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop kamu hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.
19. Jauhkan laptop dari anak kecil.
20. Rawatlah baterai laptop kamu jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

Sementara untuk perawatan kesehatan operasi sistem kamu, pastikan kamu juga membersihkan program secara berkala dengan menggunakan CCleaner.

Semoga membantu.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: