Kini Google Apps Tak Lagi Gratis


Jika Anda berencana untuk mencangkokkan domain milik Anda ke layanan Google Apps, maka bersiaplah untuk menganggarkan dana sebesar US$50 per akun user per tahun.

google-app

Pasalnya per tanggal 6 Desember 2012, Google hanya akan menyediakan layanan premium bagi bisnis dan pemerintah alias tidak lagi menggratiskan layanan Google Apps. Namun, untuk Anda yang sebelumnya telah menggunakan layanan Google Apps untuk organisasinya, masih akan tetap mendapatkan layanan tersebut sebagaimana kesepakatan lisensi di awal pendaftaran.

Langkah ini diambil karena Google melihat adanya peningkatan kebutuhan bagi bisnis/pemerintah untuk menggunakan layanan Google Apps, seperti Gmail, Google Docs, Google Calendar, Gtalk, Google Site, dan layanan Google lain.

Pemanfaatan layanan Google Apps selama ini memang dirasakan manfaat dan kemudahannya, karena bagi bisnis/pemerintah tidak direpotkan dengan pemeliharaan server ataupun layanan-layanan pendukung bagi mereka.

Dengan bentuk layanan premium ini, Google menjanjikan ketersediaan dukungan selama 24/7, tersedianya kapasitas sebesar 25 GB untuk INBOX per user, serta jaminan 99,9% tidak akan terjadi gangguan pada server.

Terkait dengan layanan untuk sekolah dan perguruan tinggi, Google tetap memiliki komitmen untuk memberikan dukungan bagi dunia pendidikan seperti yang telah dilakukan sejak 11 Februari 2006. Waktu itu Google menyediakan layanan Google Apps pertama kali yaitu dengan menyediakan layanan e-mail gratis bagi para pendidik dan siswa di lingkungan San José City College.

Dengan kata lain, bagi Anda yang ingin menggunakan layanan Google Apps bagi sekolah ataupun perguruan tinggi, harga US$50 per user per tahun tidak akan diberlakukan alias tetap gratis. Bagi personal, Google menyarankan agar calon pemakai personal membuat akun Google personal secara gratis, untuk dapat menggunakan layanan-layanan Google Apps.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: