Mengenal Dan Memilih Arwana


MENGENAL DAN MEMILIH ARWANA

1. Taksonomi Arwana
 Filum : Chordata
 Subfilum : Vertebrata
 Kelas : Pisces
 Subkelas : Teleostei
 Ordo : Malacopterygii
 Famili : Osteoglossidae (Bonytongues)
 Genus : Scleropages
 Spesies : Scleropages formosus

2. Bagian Tubuh Ikan Arwana

3. Memilih arwana yang baik
Secara umum ciri-ciri arwana yang baik dapat dilihat dari gerakan, warna, morfologi/fisik (bentuk badan, kepala, ekor, sisik, sirip, sungut, mata dan mulut).
 Gerakan : arwana yang sehat gerakannya lincah, selalu berenang menjelajahi seluruh ruang akuarium dan gesit, menyambar makanan yang diberikan. Sebaliknya, indikator ikan yang sakit adalah gerakannya malas (pasif), lambat, suka mematuk-matuk dinding akuarium dan tidak bernafsu memangsa makanannya.
 Warna : warna sisik cerah dan mengkilap
 Ciri fisik :
a. Bentuk badan yang baik adalah proporsional, punggung memanjang dan lurus, tidak bengkok, tidak bungkuk atau berpunuk dan berkesan kekar. Tidak ada bagian tubuh yang cacat atau luka.

Bentuk tubuh arwana yang baik. Punggung panjang, kekar, tidak cacat dan lurus atau tidak bengkok

b. Arwana yang bagus bermulut lebar, bibir atas dan bawah rapat. Pada bagian dagu terdapat dua buah sungut yang panjang, lurus dan tidak putus.
c. Mata arwana yang baik adalah bulat besar. Tidak melotot atau menonjol ke atas dan ke bawah (juling). Dan yang terpenting adalah tidak buta. Insang normal, tutup keras dan rapat dan tidak melengkung keluar.
Bentuk mulut dan kepala arwana yang bagus. Rahang kokoh, mata tidak juling, mulut lebar, tutup insang keras dan rapat, dan sungutnya masih utuh

d. Ekor dan sisik. Arwana yang bagus memiliki bentuk ekor lebar dan bulat seperti kipas. Bagian pinggirnya tidak sobek-sobek atau berserabut seperti bekas gigitan. Sisik hendaknya tersusun rapi, besar, tidak kasar, tidak mengelupas atau luka, bentuk sisiknya berupa permukaan mengkilap dan tidak memproduksi lendir yang terlalu banyak.
e. Sirip panjang, lebar, lurus, tidak ada bekas patahan, bengkok dan terbuka sempurna.

4. Beberapa Tipe Ikan Arwana Istimewa
a. Ikan Arwana Tipe Ie Tiau Lung

Ikan Arwana Ie Tiau Lung. Sisik punggung lurus mulai dari kepala sampai ekor
b. Ikan Arwana Tipe Parrot (Bongkok/Berpunuk)
Arwana yang berkualitas tinggi. Sisik tersusun rapi, tidak kasar, mengkilap, lendir tidak berlebihan, tidak luka atau mengelupas. Ekor yang lebar dan bulat mirip kipas, mulus, tidak ada bekas gigitan dan tidak ada bintik-bintik putih.

Ikan Arwana Parrot yang Masih Kecil. Tipe ikan ini merupakan tipe ikan cacat dan langka
Ikan Arwana Tipe Parrot merupakan tipe ikan arwana yang mengalami cacat (abnormalitas) sejak lahir. Tipe ikan ini ditandai dengan adanya patahan didaerah antara kepala dan punggung sehingga secara fisik tubuh ikan kelihatan kuntet/bunteg (kecil) dan punggung kelihatan besar/berpunuk.
Ikan Arwana Parrot, Ie Tiau Lung & Sendok. Banyak dicari hobiis karena keberadaanya yang sangat langka

Ikan Arwana Parrot, Ie Tiau Lung & Sendok. Banyak dicari hobiis karena keberadaanya yang sangat langka

c. Ikan Arwana Tipe Sendok

Ikan Arwana Tipe Sendok. Ditandai dengan bentuk kepalanya yang menyerupai bentuk sendok (cekung)

Semoga bermanfaat.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: