SOFWARE untuk transfer data Review RetroShare


Melakukan pertukaran data dengan metode peer-to-peer memiliki banyak keunggulan. Salah satunya yaitu proses transfer data yang lebih cepat karena tidak melalui perantaraan sebuah server.

Namun, proses pertukaran data tersebut memang membutuhkan kestabilan koneksi agar data bisa terkirim secara utuh. Meskipun demikian, proses transfer data tersebut tetap membutuhkan sebuah aplikasi. RetroShare adalah salah satu pilihannya.

RetroShare merupakan aplikasi open-source multiplatform yang tersedia untuk Windows, Mac OS, serta Linux. Aplikasi ini memungkinkan pertukaran data (unggah maupun unduh) secara simultan sehingga bisa lebih cepat dan praktis.

Dalam melakukan proses pertukaran data, RetroShare juga memperhatikan masalah keamanan data. Jadi, sebelum proses pengiriman data dimulai, RetroShare akan memeriksa data tersebut melalui engine yang telah tertanam. Saat proses instalasi, Anda diharuskan memasang aplikasi tambahan yaitu Gpg4win. Fungsinya untuk mengamankan data. Gpg4win akan melakukan proteksi dengan mengenkripsi lalu lintas data.

Meski fungsi utamanya adalah sebagai media perantara untuk saling bertukar data, RetroShare juga menyertakan fungsi chat ke sesama pengguna. Jadi, Anda bisa melakukan komunikasi dahulu sebelum melakukan transfer data ke pengguna lain agar proses berlangsung lebih lancar. RetroShare pun bisa dijadikan ajang untuk mencari teman lama ataupun teman baru dengan fasilitas search engine yang dimilikinya.

Fasilitas lain yang disediakan yaitu Message yang berfungsi seperti e-mail. Ada juga fungsi Channel yang merupakan ajang berkumpulnya suatu grup atau kelompok. Anda bisa membentuk forum sendiri dan menentukan siapa saja yang diajak bergabung. Fasilitas ini cocok bagi pengguna yang memiliki hobi ataupun kesukaan yang sama.

Seperti biasa, untuk mengaktifkan RetroShare, Anda mesti membuat akun berupa profil yang akan dijadikan identitas diri saat online. Proses aktivasinya seperti langkah registrasi umumnya yang akan melakukan konfirmasi via alamat e-mail yang telah didaftarkan.

RetroShare merupakan alat komunikasi serta aplikasi pertukaran data berbasis peer-to-peer dengan beberapa feature pelengkap yang menyenangkan, seperti chatting dan forum.

Gratis Ukuran instalasi20,99 MB

Situs http://retroshare.sourceforge.net/

Sistem operasi Windows 98/Me/2000/NT/ XP/2003/Vista/7

Plus : Transfer data tanpa server; fasilitas komunikasi antarpengguna (chat, forum, channel); perlindungan keamanan data.

Minus : Membutuhkan koneksi internet yang stabil.

SEMOGA BERMANFAAT….

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: