WikiLeaks Miliki Jejaring Sosial ala Facebook


Situs WikiLeaks yang selama ini terkenal berkat kontroversinya dalam membocorkan dokumen-dokumen rahasia menghadirkan sebuah layanan jejaring sosial mirip Facebook.

Jejaring sosial tersebut bernama Friends of WikiLeaks (FoWL). Meski mirip dengan Facebook dari sisi jejaring sosialnya, namun situs yang beralamat di https://wlfriends.org ini bertujuan untuk menciptakan wadah bagi mereka yang mendukung situs tersebut guna mempertahankan keberadaan dari WikiLeaks.FoWL dibuat untuk siapa saja yang ingin mendukung WikiLeaks dan nantinya bisa saling bertukar pikiran.

WikiLeaks juga menekankan bahwa salah satu keunggulan FoWL dibanding Facebook adalah keamanan data si pengguna yang lebih terjamin. WikiLeaks mengklaim bahwa data pengguna di Facebook telah dimanfaatkan untuk tujuan komersial sehingga kerahasiaan pengguna tidak terjamin. Apalagi situs Facebook tergolong rentan untuk diretas karena tidak terdapat feature enkripsi yang baik. Nah, FoWL bisa mengatasi kelemahan dari Facebook tersebut.

Namun FoWL agak berbeda dalam hal penerapan pertemanan. Pengguna baru hanya akan dibatasi pertemanannya sebanyak 12 orang. Dan ke enam diantaranya ditentukan dari geografis dimana Anda berada. Sedangkan sisanya bisa kamu pilih dari lokasi berbeda di seluruh dunia. Salah satu tujuannya adalah memperkenalkan sesama pengguna FoWL, dan bukannya dari teman yang sudah dikenal.

Friends of WikiLeaks memiliki logo seekor burung kasuari yang menggambarkan salah satu binatang khas yang hidup di Australia, dimana merupakan negara asal dari Julian Assange, pendiri dari WikiLeaks.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: