Perangkat lunak jahat


Perangkat lunak jahat

Istilah “perangkat lunak jahat” mencakup segala jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak komputer atau jaringan. Perangkat lunak jahat dapat dipasang di mesin Anda tanpa sepengetahuan Anda, sering kali melalui tautan yang menipu atau unduhan yang berpura-pura menjadi sesuatu yang mungkin menarik perhatian Anda. Setelah perangkat lunak jahat terpasang di komputer Anda, penjahat dunia maya kadang dapat mencoba mengakses informasi pribadi Anda. Mereka melakukannya dengan menyimpan log apa yang diketik di keyboard atau mengawasi aktivitas komputer Anda. Komputer Anda juga dapat dikontrol dan dipaksa untuk mengunjungi situs web, mengirim email spam, atau melakukan tindakan lagi tanpa sepengetahuan Anda. Pengaruh perangkat lunak jahat bisa berupa apa saja, dari gangguan kecil hingga pencurian identitas.

Beberapa contoh perangkat lunak jahat:

1. virus:
program komputer yang dapat menggandakan diri dan menginfeksi suatu komputer.
2. cacing:
program komputer perangkat lunak jahat yang dapat menggandakan diri dan menggunakan jaringan komputer untuk mengirim salinan dirinya ke komputer lain di jaringan tersebut.
3. spyware:
perangkat lunak jahat yang mengumpulkan kepingan-kepingan informasi tentang pengguna tanpa sepengetahuan mereka.
4. adware:
segala paket perangkat lunak yang memutar, menampilkan, atau mengunduh iklan secara otomatis ke komputer.
5. Trojan horse:
sebuah program perusak yang menyamar menjadi sebuah aplikasi. Perangkat lunak ini awalnya tampak menjalankan fungsi yang diinginkan bagi pengguna sebelum memasangnya, namun sebenarnya mencuri informasi atau merusak sistem.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri terhadap perangkat lunak jahat:

1. Tingkatkan versi sistem operasi dan perangkat lunak Anda ke versi teranyar, dan, jika mungkin, aktifkan pembaruan otomatis. Secara berkala, periksa pembaruan perangkat lunak yang tidak menawarkan fungsi pembaruan otomatis.

2. Selalu awasi apa yang Anda klik dan unduh. Dengan mengeklik tautan yang tidak wajar, Anda dapat menunjukkan komputer ke perangkat lunak dan situs web yang berbahaya. Perangkat lunak ini sering kali berisi program yang dapat memindai komputer Anda atau melacak tombol apa yang Anda ketikkan, termasuk sandi. Agar tetap aman, unduh dari sumber yang Anda percaya saja. Jika ragu, gunakan bookmark tepercaya untuk situs penting.

3. Berhati-hatilah saat Anda membuka situs yang tidak wajar. Saat tidak yakin, tutup situs dan teliti perangkat lunak yang Anda diminta untuk memasangnya. Kadang kala perangkat lunak jahat mencegah Anda meninggalkan laman, misalnya dengan membuka jendela dan meminta Anda mengunduh berulangkali. Jika ini terjadi, gunakan pengelola tugas komputer Anda untuk menutup peramban.

4. Jangan memercayai segala hal di dalam email yang terlihat mencurigakan. Bahkan email dari orang yang Anda kenal dapat berisi tautan atau lampiran perangkat lunak jahat jika akun mereka telah diretas. Berhati-hatilah saat Anda mengikuti tautan dalam sebuah email. Sebaiknya Anda mengunjungi situs web dengan memasukkan alamat langsung di peramban.

5. Jangan buka jenis berkas yang tidak dikenal, atau jika Anda melihat permintaan atau peringatan peramban yang tidak familier.

6. Beberapa program mengemas perangkat lunak jahat atau perangkat lunak internet penipu lainnya sebagai bagian dari proses instalasi mereka. Saat Anda memasang perangkat lunak, perhatikan kotak pesan dan baca kalimat berhuruf kecil. Sebaiknya Anda juga melakukan penelitian tentang perangkat lunak yang tidak dikenal sebelum memulai proses instalasi. Jika Anda khawatir barangkali perangkat lunak tersebut berbahaya, segera hentikan instalasi.

7. Teman, keluarga, atau rekan kerja Anda mungkin memberikan disk atau flash drive dengan berkas yang terinfeksi virus tanpa sepengetahuan mereka. Anda dapat memindai disk tersebut dengan perangkat lunak antivirus sebelum membuka berkas.

8. Jangan memercayai jendela munculan yang meminta Anda mengunduh perangkat lunak. Sering kali munculan ini akan membuat Anda percaya bahwa komputer telah terinfeksi dan meminta Anda mengunduh perangkat lunak agar komputer aman. Tutup jendela dan pastikan Anda tidak mengeklik bagian dalam jendela munculan.

9. Berhati-hatilah dengan situs berbagi berkas. Banyak situs semacam ini hanya memiliki sedikit kebijakan untuk perangkat lunak jahat, jadi, jika Anda ingin mengunduh apa pun dari situs itu, lakukan dengan hati-hati. Perangkat lunak jahat dapat menyamar menjadi film, album, atau pun program populer.

10. Bila ada pembaruan peramban, langsung pasang, atau pilih peramban seperti Chrome yang memperbarui dirinya ke versi terbaru secara otomatis. Kebanyakan peramban akan memberi peringatan jika Anda mencoba membuka situs web yang diduga adalah inang perangkat lunak jahat. Google menawarkan API Penjelajahan Aman yang digunakan oleh Firefox, Safari, dan Chrome. Kami menganalisis jutaan laman web setiap hari, dan tiap tahun kami menemukan ratusan ribu laman yang merupakan inang perangkat lunak jahat yang kami tambahkan ke daftar hitam di API Penjelajahan Aman yang kemudian melindungi pengguna dari laman ini.

11. Waspadalah karena perangkat lunak jahat mungkin juga muncul dalam bentuk pengaya peramban, jadi hanya pasang ekstensi yang Anda percaya.

12. Hapus perangkat lunak jahat sesegera mungkin. Satu cara untuk membersihkan komputer Anda adalah dengan memasang ulang sistem operasi. Ada juga sejumlah program yang dapat membantu.

Menghapus perangkat lunak jahat

Pindai komputer Anda dengan sedikitnya satu produk antivirus berkualitas tinggi, idealnya dengan beberapa produk antivirus. Kami tidak memiliki kaitan dengan perusahaan di bawah, jadi kami tidak dapat berkomentar mengenai efektivitas program mereka, namun mencoba program ini sering kali memberikan pengaruh, demikian pula halnya dengan memiliki versi terbarunya. Anda juga dapat menggunakan situs av-comparatives.org untuk menemukan perangkat lunak anti virus lainnya dan meninjau hasil uji coba.

1. avast!
2. AVG
3. AVIRA
4. BitDefender
5. ESET Smart Security
6. F-Secure
7. G DATA
8. Kaspersky Lab Internet Security
9. McAfee
10. MacScan (untuk pengguna Mac)
11. Microsoft Security Essentials
12 Norton Internet Security
13 TrendMicro

semmoga bermanfaat.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: