Instalasi / pemasangan Accesspoint ( Wifi )


Accesspoint / wifi merupakan alat yang digunakan untuk memungkinkan kita mengakses internet melalui sinyal yang disebut sinyal hotspot dan sebuah tempat yang terdapat sinyal wifi dinamakan hotspot area.
Sebelum melakukan pemasangan perangkat accesspoint, terlebih dahulu kita pahami supaya komputer kita bisa terhubung ke jaringan internet ada beberapa perangkat yang di perlukan antara lain :

1. Line telephone (telephone rumah)
Dalam hal ini kita asumsikan menggunakan jasa layanan internet Telkom Speedy, sumber internet berasal dari kabel telephone yang di bagi oleh ADSL spliter menjadi 2 cabang, yang satu ke mesin telephone / fax dan yang satu masuk ke modem.
2. Modem ADSL
Modem merupakan perangkat yang berfungsi untuk menhhubungkan komputer ke saluran telephone dan dapat memungkinkan komputer mengakses internet. Pada modem, ada beberapa kabel yang tertancap diantaranya :
– Konektor power listrik, bisanya disertai adaptor berfungsi untuk mensuplai aliran listrik
– Konektor DSL atau kabel telephone yang berfungsi memasukkan sinyal telephone
– Konektor Ethernet, berfungsi menghubungkan komputer dengan modem menggunakan kabel jaringan / UTP dan nantinya masuk ke konektor kartu jaringan yang ada di komputer
– Konektor USB, berfungsi menghubungkan komputer dengan modem menggunakan kabel USB dan nantinya masuk ke konektor USB yang ada di komputer, ini digunakan bila di komputer tidak terdapat kartu jaringan
3. Accesspoint / wifi
Accesspoint berfungsi untuk menyebarkan sinyal internet secara nirkabel. Ada beberapa kabel yang tertancap diantaranya :
– Konektor power listrik, bisanya disertai adaptor berfungsi untuk mensuplai aliran listrik
– Konektor WAN atau internet berfungsi menerima sinyal internet dari modem yang akan disebarkan secara nirkabel
– Konektor LAN (biasanya lebih dari satu), berfungsi untuk HUB, untuk mengambil sinyal internet yang menggunakan kabel

Berikutnya adalah beberapa tahap merangkainya, antara lain :

– Pastikan modem sudah berfungsi dengan baik, dan koneksi internet yang masuk adalah auto redial jadi ketika modem dihidupkan otomatis terkoneksi ke internet.
– Hubungkan kabel Ethernet yang ada di modem ke konektor WAN yang ada di Accesspoint menggunakan kabel jaringan
– Pada tahap ini sinyal internet sudah bisa di nikmati oleh pengguna hotspot area
– Hubungkan konektor LAN yang ada di Accesspoint ke komputer menggunakan kabel jaringan supaya komputer juga bisa menikmati sinyal internet
– Selesa

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: