Cara membuat pakan / pelet ikan sendiri


Dalam bisnis budidaya ikan biaya untuk makanan ikan (pelet) memerlukan budged yang paling besar. Jika pengeluaran untuk pelet ikan ini bisa ditekan maka keuntungan dalam bisnis budidaya ikan akan meningkat cukup significant. Dalam kenyataannya pelet ikan yang ada di pasaran cenderung mengalami kenaikan sehingga keuntungan bisnis budidaya ikan semakin tipis. Jika pelet ikan bisa digantikan dengan makanan alami yang tersedia di sekitar kita atau menggunakan pelet buatan sendiri maka akan mampu menekan biaya budidaya ikan. Jika tahu cara membuat pelet ikan buatan tentu ini akan menolong bisnis budidaya ikan.

Yang penting untuk dipertimbangkan dalam membuat pelet ikan buatan sendiri adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam pelet buatan. Tentu saja kandungan nutrisi pelet buatan sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan ikan. Tiap-tiap jenis ikan memiliki kebutuhan kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Misalnya saja ikan lele memerlukan kandungan nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan ikan nila, ikan gurame, dan ikan mas.

Pelet buatan pabrik biasanya sudah diukur seberapa jauh kandungan nutrisi di dalamnya sedangkan pelet buatan sendiri biasanya tidak terukur kandungan nutrisinya. Karena itu hal penting di dalam membuat pelet buatan sendiri adalah dengan mengatur keseimbangan protein, lemak dan serat. Kandungan nutrisi pelet buatan yang ideal akan mampu mengoptimalkan pertumbuhan ikan dan usia panen ikan yang tepat.

Selain itu yang perlu dipertimbangkan adalah usia ikan yang akan diberi makan pelet buatan. Setiap usia ikan yang berbeda memerlukan kandungan nutrisi yang berbeda. Misalnya saja ikan usia 1-3 bulan memerlukan protein antara 35% sampai 50 %, sedangkan usia ikan 4 bulan ke atas memerlukan protein 25% sampai 30%.

Bahan-bahan yang bisa dibuat untuk Pelet buatan antara lain tepung ikan, dedak halus, jagung , kedelai, ampas tahu, ikan teri dan lain-lain. Yang terpenting adalah menjaga kontinuitas bahan-bahan campuran. Ikan akan mengalami stress jika diberi makan pelet dari camouran yang berubah-ubah. Selamat mencoba. (Galeriukm).

Sumber:

http://ikannila.com/

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: