AIC, Koalisi Raksasa Internet Demi Internet YANG Sehat


Ancaman malware yang terus membumbung tinggi, khususnya di Asia Tenggara, membuat sejumlah raksasa internet dunia merasa terpanggil dalam memberikan edukasi mengenai keamanan di dunia maya.

Sebagai langkah nyata, eBay, Google, Skype, dan Yahoo! berkoalisi untuk membentuk sebuah asosiasi bernama Asia Internet Coalition (AIC). AIC bertujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang isu-isu kebijakan Internet di kawasan Asia Tenggara.

Diketuai oleh Dr. John Ure (Director of the Telecommunications Research Project, Hong Kong University), AIC bertujuan untuk mendapat dukungan dari para pembuat kebijakan, industri, dan pengguna untuk mempromosikan tujuan-tujuan tersebut.

Beberapa waktu lalu, AIC memperkenalkan diri di Indonesia sembari menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan Seminar Internet Sehat dan Aman.

“Melalui acara ini, anggota AIC bergabung untuk mencapai tujuan dalam mendorong orang tua, guru, dan masyarakat guna memengaruhi dan mendidik anak-anak mengenai cara online secara aman,” kata John Ure.

Kegiatan ini sejalan dengan Gerakan Masyarakat Internet Sehat Aman (GEMA INSAN) yang dideklarasikan pada Rakornas Kemenkominfo pada 25 Oktober 2010 lalu. Gerakan ini menegaskan bahwa pembentukan karakter bangsa perlu diimbangi dengan upaya peningkatan kuantitas konten yang berkualitas serta peningkatan etika berinternet yang sehat dalam meminimalisir dampak negatif.

“Kami menghargai kolaborasi antara AIC dan pemerintah Indonesia dalam hal keamanan online. Kami senang melihat inisiatif seperti ini yang meningkatkan kesadaran dan membangun keamanan online dunia untuk pengguna internet di Indonesia,” ujar Menkominfo Tifatul Sembiring dalam sambutan acara tersebut.

Saat ini, Indonesia memiliki hampir 45 juta pengguna Internet. Penetrasi komputer dalam rumah tangga tumbuh pada tingkat pertumbuhan 25,8% per tahun dan merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna baru Internet yang tercepat di dunia.

SEMOGA BERMANFAAT.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: