Sharing Folder Jaringan Antara Windows 7 dan XP


Seperti kita ketahui, windows 7 memiliki fitur keamanan yang lebih baik dari windows generasi sebelumnya. Karena itu juga, cara system menangani file maupun folder juga sedikit berbeda. Terlebih lagi jika berhubungan dengan jaringan, banyak perbedaan dan perubahan pada struktur maupun tingkat keamanan user pada folder jaringan.

Bagi yang sering berbagi pakai file menggunakan windows XP, mungkin akan sedikit merasa kesulitan saat ingin share folder di komputer yang memakai sistem operasi windows 7. Berikut kami sampaikan bagaimana cara melakukannya. (Saat melakukan percobaan, kami menggunakan Windows XP Professional dan Windows 7 Ultimate Edition).

Setting sharing file pada windows 7 ultimate edition

Pastikan PC windows 7 dan XP memiliki group yang sama. (Pada dasarnya hal ini bukan harga mutlak, tetapi akan lebih mudah jika anda membuat group yang sama untuk menghubungkan kedua perangkat komputer).

Buka Control Panel, pilih Network and Internet dan lanjutkan dengan klik Network anda Sharing Center.

Klik Change Advanced Sharing Setting dan rubah semua setting agar mengijinkan komputer lain bisa mengakses komputer windows 7 ini. Kalau perlu, jangan gunakan pilihan password protection sharing agar orang yang mengakses komputer anda tidak perlu lagi mengakses menggunakan password (Demi keamanan data-data anda, jangan pernah gunakan pilihan ini pada jaringan publik seperti hotspot di kafe, mall atau wilayah publik yang lain).

Setelah itu, klik Save Changes.

Lanjutkan dengan membuat folder yang akan di share dengan komputer lain.

Buka windows explorer dan buat folder baru. Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.

Klik tab Sharing diikuti dengan klik tombol Share.

Pada menu drop down, tambahkan user yang diizinkan untuk mengakses folder (Pada contoh kali ini kami menggunakan Evryone, yang intinya semua orang bisa akses tanpa melalui autenstikasi dan password).

Tambahkan tingkat perizinan pada user Everyone, apakah hanya bisa membaca saja atau bisa juga menambahkan file (menulis).

Terakhir, klik share dan di ikuti dengan klik tombol Done.

Setting sharing file pada windows xp professional

Buka windows explorer dan buat folder baru yang akan digunakan untuk sharing file.

Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.

Klik tab Sharing dan beri tanda check pada bagian Share this folder on the network.

Jika anda mengizinkan orang lain untuk menulis atau menghapus file pada folder tersebut, beri tanda pada bagian Allow network users to change my files.

Terakhir kali, klik tombol OK.

Pembuktian hasil setting folder sharing

Coba anda akses folder windows 7 melalui windows XP. Caranya, buka Control Panel, Network Connection, My Network Places. Cari dan klik dua kali nama komputer dari windows 7. Klik folder sharing dan coba anda ambil data dari sana. Jika anda mengizinkan akses read-write, coba anda lakukan penulisan. Bisa dengan cara membuat folder baru atau mencoba mencopy file dari komputer XP ke folder tersebut.

Sekarang kembali ke komputer yang ber-OS windows 7. Buka windows explorer, klik network pada bagian kiri paling bawah, kemudian pilih komputer yang terinstall windows 7. Disitu anda akan melihat sebuah folder yang telah di share. Coba akses dan ambil beberapa file pada foler tersebut. Jika anda tadi memberikan akses read-write pada Allow network users to change my files, maka anda bisa mencopy, menambah maupun menghapus file pada folder share tersebut.

Selesai sudah tips kali ini. Anda bisa menghubungkan komputer windows 7 dengan windows XP tanpa harus meminta bantuan seorang administrator jaringan. Jika memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman tentang pengaplikasian share folder Windows 7 dan XP bisa meninggalkan komentar di bawah ini.

sumber: http://blog.fastncheap.com

2 Balasan ke Sharing Folder Jaringan Antara Windows 7 dan XP

  1. qoen mengatakan:

    mohon bantuan,, saya mau pindah data dari win XP ke win7 tapi gagal trs! saya connect pake kabel LAN, pokoknya semua cara yang saya tau sudah saya coba, folder sudah di sharing, firewall di laptop dan di antivirus sudah saya matikan,, masuk cmd trs di PING jg bs,, workgroup juga udah sama,

    saya coba tes yaitu folder di win7 saya sharing dan terdetect di win XP dan bisa masuk,, tapi giliran folder yang di win XP disharing tetep gak bisa terdetect di win7.. begitu saya ketik IPnya di explorer gak bisa masuk,, mohon jawabannya dikirim ke email saya saja,, maturnuwun

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      Agar tetap bisa berbagi-pakai file, ikuti langkah berikut:

      1. Pastikan PC yang menggunakan Windows 7 dan XP berada pada grup yang sama

      2. Klik Start, lalu buka Control Panel, Pilih Network and Internet dan lanjutkan dengan klik Network and Sharing Center.

      3. Klik “Change Advanced Sharing Setting” dan ubah semua seting agar mengijinkan komputer lain mengakses komputer Windows 7. Kalau perlu, jangan gunakan pilihan password protection sharing agar orang yang mengakses komputer tidak perlu lagi menggunakan password.

      4. Klik “Save Changes”.

      5. Lanjutkan dengan membuat folder yang akan dibagi pakai komputer lain.

      6. Buka Windows Explorer dan buat folder baru. Klik kanan folder tersebut dan pilih “Properties”.

      7. Klik tab “Sharing” diikuti dengan klik tombol “Share”.

      8. Pada menu drop down, tambahkan user yang diizinkan untuk mengakses folder. Pada contoh ini kita menggunakan Everyone, yang memungkinkan semua orang bisa mengakses tanpa menggunakan password.

      9. Atur hak akses pada user Everyone, apakah hanya bisa membaca atau bisa juga menulis.

      10. Terakhir, klik “Share” dan diikuti dengan klik tombol “Done”.

      11. Di Windows XP, buka Windows Explorer dan buat folder baru yang akan digunakan untuk sharing file.

      12. Klik kanan folder tersebut dan pilih “Properties”.

      13. Klik tab “Sharing” dan beri tanda cek pada bagian “Share this folder on the network”.

      14. Jika kamu mengizinkan orang lain untuk menulis atau menghapus file pada folder tersebut, beri tanda pada bagian “Allow network users to change my files”.

      15. Terakhir, klik tombol “OK”

      Sekarang, coba akses folder Windows 7 melalui Windows XP. Caranya, buka Control Panel, Network Connection, dan klik My Network Places. Cari dan klik dua kali nama komputer Windows 7. Klik folder sharing dan coba ambil data dari sana. Jika kamu mengizinkan akses baca tulis, coba tempatkan file di sana.

      Sekarang kembali ke komputer yang menggunakan Windows 7. Buka Windows Explorer, klik Network pada bagian kiri paling bawah, kemudian pilih komputer yang terinstal Windows 7. Di situ kamu akan melihat sebuah folder yang telah dibagi-pakai. Coba aksis dan ambil beberapa file pada folder tersebut. Jika tadi diberikan akses read-write pada “Allow network users to change my files”, kamu akan bisa mengubah isi folder

      Suka

%d blogger menyukai ini: