Beberapa Kerusakan CDRom dan Cara Memperbaiki


Beberapa Kerusakan CDRom dan Cara Memperbaiki. CD drive merupakan salah satu perangkat keras PC yang sangat penting. Alat ini berfungsi untuk membaca data/file yang ada di dalam piringan compact disc. Ada dua macam CD drive yang kita kenal, yaitu CD-ROM (Compact Disc – Read Only Memory) dan CD-RW (Compact Disc – Read Write).

Perbedaan CD-ROM dan CD-RW terletak pada fungsinya, dimana CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca piringan CD saja sedangkan CD-RW dapat digunakan untuk membaca dan menulis (read/write) piringan CD.

Berikut ini ada beberapa Kerusakan yang sering ditemui pada CDROM/CDRW/DVDROM/DVDRW.

1. Kerusakan Pada CDROM/ RW, DVDROM/ RW : Tidak terdeteksi

a. Periksa kabel data apakah pemasangannya sudah benar? Jangan lupa kabel dengan ujung yang berwarna merah, periksa kabel data biasanya ada yang putus. Untuk lebih yakin gunakan kabel data yang baru.

b. Periksa Jumper, apakah berada diposisi master atau slave keterangan bias dilihat di body CD/DVD drive

c. Periksa seting BIOS apakah posisi Primary dan secondary, semua diset Auto

2. Bersihkan optiknya menggunakan alcohol

Langkah ini dilakukan jika CD drive Tidak Bisa Baca CD, Bisa Baca Tapi Pilih-Pilih CD (Hanya CD yang Original / yang Masih Bagus yang Bisa Dibaca)

Bongkar semua mekanik CD-RW dan bersihkan

a. Bongkar semua bagian mekanik dan bagian elektronik CD-RW, lalu bersihkan dengan kuas

b. Lepas tutup body depan, Sebagian CD Drive dibagian samping ada penguncinya, buka tempat CD secara manual (tusuk lubang kecil di atas volume dengan jarum, disini penulis menggunakan pinsheet untuk menusuknya) hingga keluar sedikit lalu tarik dan lepas penutupnya.

c. Lepas tutup body atas dan bersihkan

d. Lepas board CD-RW dari body: lepas semua kabel penghubung antara board dan optik serta kabel elastis, hati-hati jangan sampai putus, lalu bersihkan.

e. Bersihkan optic, gunakan kapas (penulis menggunakan cotton buds) + alkohol kemudian oles di bagian optik pelan-pelan, tunggu hingga kering.

f. Setelah optik dibersihkan, keringkan terlebih dahulu, kemudian pasang kembali board ke body dan kabel penghubungnya, tutup kembali body CD/DVD drivenya lalu coba. Untuk pemasangan tempat CD ada yang perlu diperhatikan: yaitu mekanik pengait optik dan pengait body harus sejajar.

3. Jika sudah melakukan langkah ke dua, tetapi CD/DVD drive tidak bekerja dengan baik

Buka kembali semua tutup body, kemudian putar trimmer kearah 450 (dikencangkan). Disini gunakan obeng ukuran kecil, karena ukuran trimmer ini juga kecil. Jika sudah melakukan langkah tersebut, tetapi CD-RW hanya bisa membaca dan tidak bisa menulis, putar kembali trimmer ke arah 450 selanjutnya. Jika masih juga bermaslah putar sampai dengan 1 putaran penuh.

Troubleshooting:

– Jika langkah di atas masih error, maka cobalah ganti kabel elastis penghubung board dan optik dengan yang baru
– Jika masih tidak bisa, ganti board CD-RW dengan yang baru (bertipe sama)
– Jika masih error berarti kemungkinan besar optik sudah rusak.
– sumber : http://news.palcomtech.com/2010/07/kenali-kerusakan-pada-cd-drive/

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: