HP Perkenalkan Solusi “Thin Client” untuk Dunia Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com – Hewlett Packard (HP) meluncurkan HP t200 Zero Client for Multiseat, sebuah solusi komputasi yang memungkinkan 15 pengguna komputer saling terhubung hanya dengan satu komputer/server atau yang biasanya disebut teknologi “thin client”.

Dengan solusi ini, bisa dibilang 15 pengguna ini mengoperasikan komputer tanpa menggunakan PC. Proses komputasi di sisi pengguna seluruhnya ditanangi oleh komputer host.

Solusi dari HP ini terdiri dari 15 unit HP t200 dan 1 unit server (host) yang juga sekaligus menjadi CPU pusatnya. Di sisi pengguna, hanya diperlukan 1 unit HP t200, monitor, keyboard, dan mouse saja.

Daya yang digunakan untuk aktivitas 15 “komputer” ini sangatlah rendah. Dengan ini, perusahaan atau lembaga yang menggunakan solusi ini bisa bisa memangkas biaya perangkat untuk PC.

Alhasil, biaya investasi untuk pembelian hardware sekaligus biaya pemakaian konsumsi listrik juga berkurang, bahkan hingga 80 persen atau hanya memerlukan daya 3 watt ketika dihubungkan dengan host.

Regional Business Manager Client Virtualization Solution Personal Systems Group South East Asia and Taiwan, Anthony Lim menjelaskan perangkat tersebut menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin berbagi perangkat komputer tapi tidak memerlukan PC di setiap meja pengguna.

Pasalnya, fungsi PC tersebut sudah langsung digantikan oleh perangkat HP Compaq Multiseat ms6200 Desktop yang berfungsi sebagai host.

“Perangkat ini dirancang untuk mendukung produktivitas dan efisiensi penggunanya, baik dalam hal waktu maupun biaya investasinya,” kata Anthony di Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Prinsip Kerja
Pengguna hanya memerlukan perangkat monitor, HP t200 Zero Client for Multiseat (sebagai konektor) dan HP Multiseat ms6200 Desktop PC (yang berfungsi sebagai host).

Komputer host/server untuk HP t200 Zero Client menggunakan Microsoft Multipoint Server 2011.

Berdasarkan studi dari HP, pengguna bisa memakai 15 komputer sekaligus ke sebuah host. Koneksi yang digunakan bisa memakai USB maupun Ethernet.

Dengan model koneksi tersebut, pengguna utama bisa memantau 14 komputer lain baik dalam kinerja biasa hingga pemantauan akses internet (web control).

Untuk pemasangan perangkat ini pun cukup sederhana karena hanya memakan waktu hanya 10-15 menit untuk mengatur semua perangkat tersebut. Pasalnya, pemasangan perangkat ini bisa dilakukan secara plug and play.

Target pasar
Perangkat tersebut dirancang khusus untuk mendukung produktivitas dan efisiensi bisnis terutama pengusaha skala kecil dan menengah (UKM), pusat pelatihan, perusahaan call center, sekolah, kantor medis, kampus, perusahaan manufaktur dan perusahaan yang memiliki banyak pekerja di dalam suatu ruangan dan harus memakai komputer.

Untuk saat ini potensi yang disasar adalah lembaga pendidikan. Pasalnya lembaga tersebut paling membutuhkan perangkat untuk menunjang sistem pengajaran siswa.

“Produk ini sudah mulai dipakai di Semarang, selanjutnya akan ke Surabaya, Medan dan Bandung. Jakarta sudah pasti menjadi target utama kita,” tambah Market Development Manager HP Indonesia, Antonni.

Paket Harga
HP menyediakan paket-paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Antara lain:

1. Paket kecil (untuk 5 orang pengguna) dengan harga 550 dollar AS akan mendapatkan:
– Empat unit HP t200
– Lima monitor 18,5 inci
– Satu host (server mini atau PC pusat)

2. Paket besar (untuk 15 pengguna) dengan harga 8.250 dollar AS akan mendapatkan:
– 14 unit HP t200
– 15 monitor 18,5 inci
– Satu host
– 15 keyboard dan mouse
– Lisensi penuh Microsoft Windows

Namun, lanjut Antonni, jika pengguna sudah memiliki monitor HP sebelumnya, pengguna cukup membeli/menambahkan host atau konektor client (HP t200) saja. Harga konektor client tersebut sekitar 200 dollar AS per unit.

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/02/01/1015458/HP.Perkenalkan.Solusi.Thin.Client.untuk.Dunia.Pendidikan

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: