pengguna internet di dunia mencapai 2 milyar pengguna


Jenewa – Jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2011 telah mencapai kurang lebih 2 milyar pengguna. Hal itu diungkap badan telekomunikasi PBB Hamadoun Toure.
Sekretaris Jendral Telekomunikasi Internasional PBB Union (ITU) mengatakan, jumlah pelanggan ponsel pun telah mencapai batas simbolik lima miliar. “Pada awal 2000 hanya ada 500 juta pelanggan mobile secara global dan 250 juta pengguna internet,” katanya.

“Pada awal 2011, jumlah ini menjamur dan mencapai lebih dari lima miliar pengguna ponsel dan dua miliar pelanggan ke internet,” kata Toure.
Statistik ITU menunjukkan angka ponsel berkaitan kepelangganan.

Data yang baru di-posting lembaga itu menunjukkan perkiraan jumlah pengguna internet mencapai 2,08 miliar pada akhir 2010, yang pada tahun lalu hanya 1,86 miliar. Perkiraan jumlah pelanggan ponsel seluruh dunia mencapai 5,28 miliar pada akhir 2010,sedangkan pada akhir 2009 hanya 4,66 miliar.

“Pertumbuhan tinggi ponsel melambat dan kami memperoleh akhir dua digit pertumbuhan ponsel,” kata Susan Teltscher ITU. Populasi dunia melebihi 6,8 miliar, tak ayal satu dari tiga orang online. Sebesar 57% pengguna ada di negara berkembang.

Jumlah langganan internet broadband dunia melewati setengah miliar pertama kalinya pada 2010 mencapai 555 juta, sedangkan jumlah pelanggan mobile broadband melonjak 940 juta. Sementara itu, sambungan telepon tetap menurun berturut-turut selama tahun keempat dan berada di bawah 1,2 miliar.

Pertumbuhan online tercepat beberapa tahun terakhir terjadi di dua daerah. Di Arab, perkiraan jumlah pengguna internet mencapai 88 juta, dua kali lipat dibandingkan lima tahun lalu. Pertumbuhan di bekas Uni Soviet Commonwealth of Independent States bahkan lebih cepat, 127 juta orang menggunakan internet di sana tahun lalu, yang pada 2007 hanya 51 juta.

“Mereka mengejarnya karena mereka memiliki tingkat penetrasi yang lebih rendah sebelumnya,” kata Teltscher.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: