cara merawat laptop dan batrai agar lebih awet


Sebagai seorang yang terbiasa bekerja menggunakan laptop dan sering terkoneksi dengan jaringan internet tentunya Laptop menjadi syarat utama dan harus ada disetiap saat kita berada dan laptop kita siap untuk dipakai umtuk berkerja. Dan kebanyakan orang tidak tahu cara-cara merawat dan bagaimana Perawatan sebuah laptop yang benar, tentu saja akan berbeda dengan sebuah PC biasa kita gunakan. Secara umum, merawat software sama saja, namun untuk fisiknya perlu penanganan khusus. Ini dikarenakan perbedaan yang nyata di fisik laptop yang mendukung fungsi mobile kita. Laptop memiliki dimensi lebih kecil serta bodi yang lebih rentan disbanding PC biasa. Kebanyakan dari kita yang mungkin hanya bisa mengoperasikan laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop bisa terawat dengan baik dan berumur panjang.
Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa Anda praktekkan.

1.Keyboard

Jauhkan dari benda-banda yang mengandung air apa bila kita sedang bekerja, laptop akan gampang sekali kotor, entah itu karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Dan apabila laptop kita kotor cara memberihkannya bisa gunakan kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Kalau bisa pergunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran.

2.Membersihkan Layar

Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

3.Hindari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen Laptop.

4.Menghindari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar laptop. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan laptop pada tas yang telah tersedia, bahkan jika perlu sebelum dimasukkan ke dalam tas untuk memberikan pengamanan ekstra masukkan dahulu ke dalam Case/Kondom Laptop yang banyak tersedia di toko buku atau computer baru di masukkan ke dalam tas.

5.Case Laptop Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case laptop tidak mengkilap lagi. Pakai deterjen yang tidak mengandung zat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa juga dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.

6.Menyimpan Laptop
Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama, sebaiknya baterai dilepaskan dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Berikan silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

7.Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, speker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau HP. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas kabel pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

8. Jangan Menggunakan Laptop di atas tempat tidur
Laptop pada saat di gunakan harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebagian besar ada di bagian bawah Laptop. Ketika kita meletakkan di alas yang lembut seperti tempat tidur, sofa dsb, bagian sirkulasi bawah akan tersumbat dan menjadikan Laptop kita bisa terlalu panas. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kelangsungan umur laptop anda.

9. Menjaga agar batrai laptop agar tetap awet
Cara merawat batrai laptop agar tetap awet bisa dilakukan dengan cara untuk pengaturan pemakaian laptop, caranya apa bila kita akan menggunakan laptop waktu lama sebaiknya kita melepas batrai laptop dan langsung menggunakan tenaga listrik tidak tidak menggunakan batrai, apa bila kita akan mengunakan laptop jangan dibiasakan laptop disambungin terus menerus kesumber listrik kabel carjer kita bila sudah penuh dan lepas kabel carjer laptop kita apabila sudah penuh terisi dan bila terus menerus dibiarkan akan menyebabkan batrai laptop akan mengalami kerusakan pada batrai sehingga batrai laptop akan cepat drop atau rusak .

10. Jangan menggunakan sofware yang berat-berat dan gunakan sofware yang sesuaikan dengan kemampuan laptop. jangan dipaksakaan sehingga tidak akan mengurangi kemampuan laptop

Selamat mencoba dan merawat Laptop anda dengan sebaik-baiknya . semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: