Apa sih yang dimaksud server


Apa yang dimaksud Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu kepada user dalam sebuah jaringan komputer. baik untuk jaringan yang bersekala besar atau pun dalam sekala kecil. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan komputer yang dibutuhkan oleh client atau user dan mengatur jalan lalu lintas untuk mengirimkan/mentrasfer data yang sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas / document, film, musuk, gambar dll atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation client/anggota jaringan.
contohnya pada perbankan, perusahan, bursa efek dll

Jenis Server

1. Server Aplikasi (Application server)
2. Server Data (Data Server)
3. Server Proxy (Proxy Server).

Fungsi server

  1. Server Aplikasi
    Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
  2. Server Proxy
    Berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Demikian sekilas yang mungkin bermanfaat.

2 Balasan ke Apa sih yang dimaksud server

  1. Hosting Murah mengatakan:

    ulasan yang bagus dan detail
    di Qwords memiliki data center sendiri di Jakarta, sehingga pelayanan

    Suka

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: