Komputer Nyala Sebentar Setelah itu Mati Tanpa Peringatan


ags: komputer cepat mati, komputer sebentar nyalanya, PC tiba-tiba mati
Komputer mati sesaat setelah start adalah kerusakan komputer yang sangat banyak dialami oleh kita semua sebagai pengguna komputer. Dalam beberapa kasus, ada kalanya meninggalkan pesan pada layar biru dan ada kalanya dia pergi begitu saja tanpa pesan. Masalahnya adalah kalaupun dia meninggalkan pesan pada layar biru adakalanya pesan itu sangat singkat dan jika bisa dibacapun sangat sulit untuk dimengerti maksudnya. Itulah sebabnya ada yang menyebutnya bahasa alien.

Secara logika ada dua penyebabnya yaitu entah kerusakan hardware komputer atau kerusakan software. Dari kedua bagian inipun masing-masing terbagi-bagi misalnya hardware masih terbagi adas beberapa bagian komponen perangkat keras dan software masih terbagi dalam sistem operasi dan driver dan program aplikasi. Penangan terhadap penyebab ini memerlukan penanganan yang sangat berbeda. Jika penyebabnya hardware maka memerlukan tidakan mekanik dan jika penyebabnya software pemeriksaannya akan jauh lebih kompleks.

Walaupun masalah ini agak luas untuk dipahami, saya mencoba untuk mengelompkkan agar lebih mudah dipahami dan mencari jalan keluarnya.

1. Permasalahan hardware. Ada kerusakan hardware yang bisa menyebabkan komputer langsung mati dan lumpuh. Processor, memory, power supply, maiboard paling sering membuat komputer mati total alias tak ada tampilan jika mengalami kerusakan. Dalam kasus yang sering saya hadapi, kasus Komputer Mati Hanya Beberapa Menit Setelah Start paling sering terjadi penyebabnya adalah Processor yang kepanasan. Ini disebabkan oleh kipas pendingin tidak jalan atau tidak maksimal. Bisa juga disebabkan oleh aluminium pendinginnya sangat berdebu sehingga angin dari kipas pendingin.

2. Permasalahan Pada BIOS. Jika pernah mati lampu ketika komputer sedang digunakan maka besar kemungkinan bisa mengacaukan BIOS dan sesudah itu muncullah masalah diatas (walaupun ini jarang terjadi). Overclock processor pada BIOS untuk mendongkrak kinerja processor yang membabi buta bisa juga jadi masalah ketika processor tidak lagi mampu menangani permintaan tersebut. Jika ini penyebabnya maka start up komputer hanya sampai pada POST test lalu mati lagi (tidak sampai pada loading windows).

3. Permasalahan sistem operasi. Ketika beberapa file sistem operasi mengalami kerusakan atau korup, bisa juga jadi penyebabnya. Ini biasa terjadi ketika meng-upgrade sistem operasi dan tidak selesai dengan sempurna. Bisa juga terjadi ketika sistem operasi sudah terlalu lama digunakan dan tidak pernah diatur ulang alias defrag.

4. Permasalahan driver. Driver perangkat keras yang sudah tidak sesuai dengan sistem operasi bisa juga jadi penyebabnya. Atau sebaliknya bisa terjadi ketika mengupgrade driver dan tidak jalan dengan sempurna. Perlu dipahami bahwa perangkat keras komputer agar bisa bekerjasama dengan sistem operasi maka perangkat tersebut mempunyai perantara yang namanya driver.

5. Kemungkinan oleh virus. Walaupun tidak semua virus mempunyai kasus yang sama, tetapi saya pernah mengalami ini ketika masih awam soal virus. Ketika komputer saya diserang virus saya hanya bisa restart komputer dua kali secara normal dan sesudahnya tidak bisa lagi jalan sempurna dan kasus seperti diatas saya alami secara berulang-ulang pada kesempatan berikutnya.

Jika salah satu diantara masalah diatas kita alami, maka sudah bisa dipikirkan tindakan apa yang akan diambil untuk mengatasinya, kecuali jika kita masih sangat awam soal perbaikan komputer.

sumber: agussale.com
http://www.dedepurnama.com

23 Balasan ke Komputer Nyala Sebentar Setelah itu Mati Tanpa Peringatan

  1. Bayu mengatakan:

    Asalamuallaikum gan , sy mau tanya kemarin saya ngidupin laptop trus selang beberapa menit laptop saya mati sendiri tanpa warning saya coba tekan tombol power dan kemudian mati seterusnya dikuti lampu indikator, itu kenapa ya gan ? Mohon solusinya
    Terima Kasih

    Suka

  2. Yuli wahyono mengatakan:

    Mas mau tanya komputer saya nyala mati nyala mati kipas prosesor juga nyala mati ngikutin lampu tombol power saya cek power suplynya ok ok aja padahal pc baru mas

    Suka

    • aac computer mengatakan:

      listriknya stabill ga ada beberapa mb yang baru, kalo listrik ga stabil mati2, klo normal, coba dcek mbnya mungkin bermasalah. kalo masih garansi mending bawa ketokonya waktu beli.

      Suka

  3. It’s very trouble-free to find out any topic on net
    as compared to textbooks, as I found this post at this web site.

    Suka

  4. jasa seo indonesia mengatakan:

    Hello! Would you mind if I share your blog with my zynga group?

    There’s a lot of people that I think would really enjoy
    your content. Please let me know. Many thanks

    Suka

  5. jasa seo jakarta mengatakan:

    You can certainly see your skills within the
    work you write. The sector hopes for more passionate writers such as you who are not afraid to say how
    they believe. At all times go after your heart.

    Suka

  6. Kevin mengatakan:

    komputer saya tidak mau menyala,power d pencet, cuma kedip cahaya power 1x dan layar ta mneyala sm skali,itu kenapa ya?

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      Yang pertama -tama mas kevin harus lakukan adalah melakukan pemeriksaan pada :
      1. sambungan kebel vga dari monito yang ke cpu.
      2. periksalah buka casing cpunya kemudian periksa power supply masih bagus atau rusak / kalau udah rusak harus diganti
      3. periksa van processornya berputar dengan normal atau tidak
      4. periksa ram caranya cabut ramnya buka kuncinya dengan cara menekan kesamping dikedua sisinya. dan bersihkan ramnya
      5. kalau belum bisa juga dibawa ketempat servis saja yang terpercaya kejujuranya
      demikan mas kevin selamat mencoba. semoga sukses

      Suka

  7. gan pc saya ko baru nyala langsung mati lagi kira2 apanya ya ? padahal sebelumnya normal2 aja , tolong penjelasannya🙂

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      YANG PERTAMA yang harus mas rahman adalah mengecek kipas procesornya masih normal tidak dengan cara digoyang goyang tapi jangan terlalu keras, buat ngecek aja, yang kedua power supply masih normal atau ga kalau tidak harus diganti ? mungkin hanya itu saja selamat mencoba semoga sukses

      Suka

  8. Sudirman mengatakan:

    Bro labtop saya msalanya labtop saya loginnya normal tapi beberapa saat dia mati sendiri tnpa ada comemen dan matinya mati total dihidupin g bisa hidup, tekan tmbol power lampunya nyala tapi langsung mati berulang kali gitu trus,, tapi kalau didiamin beberapa jam bisa hidup normal lagi, tapi g lama hidupnya mati lagi terusan gtu,, masalahnya apa bro tolong benar niii,,, masalanya apa di hadwerenya apa bro taw sopwerenya mohon bantuannya dengan sangat..

    Suka

  9. amar mengatakan:

    Notebook HP Sayang biasanya masuk bios biasa2 saja tapi ketika masuk windows layar blak namun semuanya masi jalan. namun ketika ke bios layarnya ngga blak tapi kalau masuk win layar blak lagi.

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      saya yang pertama ucapkan terima kasih sekali karena telah berkunjung d blog ana ? yang pertama coba mas amar cek sistem windosnya. sistem windwosnya mungkin bermasalah. yang kedua layar ngebleng warna hitam ada pesan tulisan ga pada layar monitor misal system eror/no system. 3. cek hardisknya leat bios terdeteksi ga. 4. coba cek pake monitor biasa sistem windosnya berjalan atau tidak. mungkin hanya itu semoga berhasil selamat mencoba.

      Suka

  10. candra mengatakan:

    kalau komputer saya saat dinyalakan beberapa detik kemudian mati tapi setelah menunggu beberapa menit barulah bisa tetapi ada bacaan shut down not sucessfully dan ada menu SAFE MODE,WINDOWS NORMALLY .tetapi menu tersebut hanya 20 detik saja barulah bisa masuk windows setelah masuk windows ada permasalahan lagi komputer jika di pasangi speaker tidak mau berbunyi padahal speaker baik baik saja .saya pake win7

    maaf banyak tanya😀

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      ooh itu cuma sistemnya gan. itu bisa disebabkan karena comptr mati mendadak/mati lampu sehingga eror pada sistem 2. speaker tidak bunyi itu drivernya. hrs di install cr aja di internet. semoga bermaanfaat maaf bar bls krn 1 bln lebih tik online.

      Suka

  11. Lilik mengatakan:

    Komputer Saya Nyala Langsung Mati Berulang kali mati nyala sendiri, sudah saya coba diam kan beberapa menit, Masih saja, Mohon Penjelasannnya

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      maksudnya restart2 apa gan. kalau restart2 bisa ada beberapa kemungkinan bisa disebabkan karena sistem windowsnya, ram yang kotor/rusak, dan hardisnya. atau kalau computernya mati waktu dinyalakan itu bisa disebabkan ada bebrapa kemungkinan diantaranya power supply, kipas processor, coba gan cek semua. diantaranya penyebab diatas. semoga berhasil

      Suka

  12. helmi wirahadi mengatakan:

    setelah selesai penginstalan windows XP, disaat dia mau masuk startup tiba-tiba tampilan blank,
    mohon penjelasanya…..!

    Suka

    • gumilir mengatakan:

      dimungkinkan waktu instal tidak lengkap, bisa juga resulusinya pada monitor, sehingga blank. ini install cpu/laptop. ? blanknya apa yah blue creen / cm warna hitam pada monitor

      Suka

  13. rafaqo mengatakan:

    maaf…
    pc sy klo OL menggunakan modem,akan mati, begitu pula jika memainkan permainan langsung mati….
    namun jika hanya liat2 file (office,gambar) dan mendengarkan winamp tdk masalah

    sy sudah coba install ulang OS, coba ganti power supply, ganti ram, ganti hardisk, tp masih tetap seperti itu…
    bahkan sering jg bluescreen….

    kira2 knapa ya???

    trimaksih

    Suka

%d blogger menyukai ini: