kerusakan pada Printer Yang Sering Terjadi dan Solusinya

April 7, 2013

Permasalahan Printer Yang Sering Terjadi dan Solusinya~Galedeg. Nahh untuk kali ini saya akan memberikan sedikit mengenai Permasalahan Printer Yang Sering Terjadi dan Solusinya…. Yapp Sedikit mengulang materi yang sudah saya dapatkan sewaktu pkl dulu hee dan juga sedikit googleing biar nga salah heee…. jadi ingget waktu pkl. Sebenarnya Printer itu suatu barang Elektronik yang perkembangannya hampir setiap 3 bulan pasti ada yang baru atau perkembangannya sangatlah cepat… dengan intensitas perkembangan yang begitu ketak pastolah masalahnya juga begitu komples.. Bermacam-maca. Mungkin nga bisa semua masalah saya tau saya hanya berbagi sesuai pengalaman aja.. ini juga bisa menjadi pengingat saya jikalau saya lagi membutuhkan hee….

Berkaitan dengan masalah perkembangan hardware printer yang demikian cepat, maka solusi yang saya berikan disini sangat bersifat umum dan yang saya bilang tadi sesuai pengalaman.

Okedehhh nahh sekarang saya sedikit menyinggung mengenai Permasalahan yang Sering Terjadi :

Masalah: Saya tidak tahu bagaimana mencetak teks yang lebih dari satu halaman dalam satu kertas.
Solusi: mennyusutkan teks dari dua halaman kedalam satu lembar cetakan akan menghemat uang. Ini adalah pendekatan dua untuk satu yang terbaik untuk spreadsheet, receipts, dan dokumen lain yang masih dapat dibaca walaupun telah disusutkan. Dalam setiap program Windows, pilih [Print and Properties], dan kemudian mencari pengaturan printer yang memungkinkan Anda meningkatkan jumlah halaman per lembar. Biasannya si Cara ini du gunai kalo misalnya tidak membuat sesuatu yang resmi … karna kalo resmi misalnnya surat .. kalo pake cara ini kayaknya kurang pas… tapi kali untuk yang lain jika memang ukurannya besar saya saranin pake yang legal jangan yang A4…. Pengalaman saya si karna dapat si susutkan ukurannya .. misal yang tadinya mau ngeprin 20 lembar jadinya cuman 18 lembar.. soalnya kan ukurannya udah besar… dan juga harnganya hampir sama.

Masalah: Windows 7 sering mengirim pekerjaan untuk dicetak ke printer yang keliru.
Solusi: Untuk beberapa alasan yang misterius, Windows melakukan kesalahan ini terutama mereka yang baru upgrade dari Vista ke Windows 7) Untuk memperbaiki kesalahan ini pada Windows 7, klik [Start] dan pilih [Devices dan Print..] Dalam jendela [Printers and Faxes], klik kanan printer yang anda Anda gunakan saat ini lalu tetapkan sebagai default printer. Jadi kalo udah jadi default bisa mengurangi kesalahan saat keliru mencektak di printer lain… itu kalo kalaian memakai lebih dari1 printer … kalo memnag cuman mengunakan 1 printer saja masalah ini tidak begitu penting.

Masalah: Biaya Ink dan/atau toner printer terlalu mahal.
Solusi: Jika anda pernah membuka websitenya PC World disana telah ditulis banyak tentang praktik licik industri percetakan selama bertahun-tahun. Mereka menjual printer dengan sangat murah tetapi dengan tinta berikut catridge yang mahal. Berdasarkan pengujian, saya tidak dapat merekomendasikan kartrid tinta isi ulang ulang yang disuntik karena hasilnya sama saja. Salah satu solusi hemat biaya adalah dengan membeli kartrid berkapasitas tinggi atau dengan sistem tinta toner. Artinya jika Anda mencetak banyak, cobalah kartrid tinta dengan hasil halaman lebih dari 250, atau tabung toner dengan hasil 2.000 halaman plus. Sebenarnya banyak cara yang bisa di gunakan untuk membuat katrid lebih awet… Misalnya kalo memang kalian sebagai pemakai yang jarang mengunakan printer sebaikinya kalian memberikan kerja sedikit kepada printer agar katridnya tidak cepat kering dengan cara cobalah untuk setiap hari mencetak minimal 1 halaman… itu sudah cukup untuk menjaga agar katrid tidak cepat kering.. Dan untuk kalian penguna printer yang selalu mengunakan printer setiap hari dan intensitas pencetakan tinggi artinya bisa mencapai ratusann tiap hari bahkan tiap jam…. itu sudah menjadi resiko bahwa katridnya masa pemakaiannya akan berkurang / ketahannya pasti akan cepat berkurang solusinya jika memang kepengin awet katridnya usahaain membeli yang asli biyasanya malah jangan yang udah pernah pakai ataupun palsu… Percumah itu nga akan bertahan lama dengan pemakaian yang sedemikian rupa…. Dan juga jika kalian sering mengunakan dlaam 1 kali waktu banyak usahain mencetaknya ada ceda…. atau istirahat supaya katridnya nga terlalu over bekerjanya. dan itu sangat evektif buat menjaga agar katrid tetap awet/ bertahan lama.

Masalah: Hasil cetak terlalu kabur, terlalu berbintik, atau memiliki garis horizontal.
Solusi: Printer Anda mungkin tersumbat pada bagian head, masalah ini dapat terjadi jika Anda menggunakan printer inkjet dan jarang digunakan. Program utilitas printer Anda bisa membersihkan head tinta yang kering, dan mencetak halaman uji untuk diamati hasilnya. Ini bisa dilakukan melalui fasilitas cleaning. Biasanya juga karna katrid yang kering (keluar tintannya msedikit) ataupun karna habis mengisi dan kepenuhen jadi tintanya keluat terus menerus… Solusinya jika tinta kering coba masukan Saluran pengeluaran istilah mudahnya. … ke dalam Air yang Panas dan coba Goyangkan sampai tintanya keluar ke air tersebut… dan untuk msalahan tintan yang luber kalia coba ambil tisu lalu taruh di bawahnya tunggu sampai semua tintanya keluar atau sampai katridnya sudah tidak mengeluarkan tinta yang berlebihan.

Masalah: Menggunakan kartrid tinta isi ulang dan hasil cetak kelihatan jelek sekali.
Solusi: Saya sarankan mengisi ulang katrid dengan tinta yang kualitas terbaik dan langsung dari pabriknya
(asli). Produk pihak ketiga emang lebih murah, tetapi konsekuensinya adalah kualitas cetakan pasti jelek. Alasan lain adalah jika Kalian mengisi yang kualitas jelek maka tinta terbuang sia-sia. Di Indonesia 40 persen dari tinta yang diisi ulang terbuang percuma dan tidak terpakai. Jadi Pilihan ada di tangan kalian mau pake yang murah Kualitas jelek atau yang mahal kualitas Jempol……

Masalah: indikator printer tinta kartrid mengatakan tinta kosong, padahal baru saja diisi.
Solusi: Anda mungkin benar. Indikator pada printer seringkali tidak dapat diandalkan. Lakukan proses cleaning dan lihat lagi hasilnya. Solusi lain mengenai masalah ini dijawab oleh produk Epson dan HP yang menggunakan sistem reset kartrid setelah diisi tinta.

Masalah: printer Wireless terlalu lambat.
Solusi: Untuk mendapatkan performa terbaik dari sebuah printer jaringan, sulit untuk mengalahkan sambungan, kabel-kabel Ethernet-to-router. Metode Wireless mungkin lebih nyaman di banyak rumah dan kantor, tetapi memiliki keterbatasan. Masalah diatas bisa disebabkan oleh jarak dengan router. Silakan tempatkan printer nirkabel Anda sedekat mungkin ke router. Selain itu, pastikan Wi-Fi printer atau server cetak nirkabel yang terhubung sudah mendukung spec 802.11n, yang dapat menyaingi kinerja Ethernet 100 mbps.

Masalah: Proses mencetak lambat banget.
Solusi: Dalam keadaan normal, jika printer terlalu lambat dapat diatasi dengan mengurangi kualitas cetak output. Ini bisa dilakukan dengan mengubah setelan printer dari default beralih ke mode mencetak draft. Hanya saja kualitas printout menjadi sedikit menurun kualitasnya. Caranya adalah silakan buka [control panel] cari fasilitas [printer] lalu klik kanan ikon printer anda, lalu pilih [Properties]. Silakan cari pengaturan yang mengurangi kualitas cetak pada jendela ini. Biasanya ada 3 pilihan, High Quality, Normal dan Fast Draft. Ataupun Bisa dengan cara membuat mode agar proses pencetakan menjadi fast.. tapi yaaa itu dadi akan berpengaruh dengan kualiatas hasilnya

semoga bermanfaat


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: